Wednesday, 29 May 2024
HomeBeritaMenangis Saat Menjalankan Puasa Bikin Batal? Begini Penjelasannya Serta Cara Menahan Tangis...

Menangis Saat Menjalankan Puasa Bikin Batal? Begini Penjelasannya Serta Cara Menahan Tangis saat Puasa

Bogordaily.net – Selama menjalankan puasa, umat islam di dunia wajib menahan hawa nafsu, serta rasa lapar hingga waktu berbuka nanti. Ada sebagian orang  beranggapan bahwa ketika berpuasa tidak boleh menangis karena bisa batal puasa.

Dikutip dari situs Quran Online, menangis saat puasa tidak akan membatalkan puasa yang sedang Anda jalani.

Meski begitu, jika menangis saat puasa disebabkan oleh ketidakpuasan diri Anda terhadap ketentuan Allah subhanahu wa ta’ala (SWT), seperti turunnya bencana atau musibah, maka puasa Anda dapat batal.

Selain itu, menangis saat puasa yang disertai dengan menyakiti diri, seperti menampar wajah atau merusak barang-barang pribadi karena kesal, maka puasa Anda pun dapat batal.

Oleh karena itu, Anda perlu menahan emosi saat berpuasa agar air mata dapat ditahan dan ibadah Anda menjadi lebih lancar.

Menangis terus-menerus dan tak terkendali dapat membuat diri Anda kesal, malu, tidak nyaman dan merasa lelah. Tentunya, hal ini bisa mengganggu ibadah puasa.

Supaya air mata dapat ditahan, simaklah cara menahan emosi saat berpuasa berikut ini:

1. Menjauhi penyebab tangisan
Menjauh dari penyebab tangisan Anda dipercaya sebagai salah satu cara yang dapat mencegah tangisan.

Perlu diketahui, merasa marah, kesal, atau frustrasi dipercaya dapat menyebabkan Anda menangis. Maka dari itu, jauhilah penyebab atau sumber tangisan Anda. Jika sudah bisa mengontrol emosi, barulah Anda kembali.

2. Mencari pengalihan
Memiliki stress ball (bola stres) atau melihat sesuatu secara visual dapat menjadi pengalihan yang baik untuk mencegah tangisan keluar dari mata Anda.

Masih banyak pengalihan positif lain yang bisa Anda lakukan untuk menahan emosi saat berpuasa, misalnya beribadah, berbicara dengan keluarta atau sahabat, atau melakukan aktivitas tertentu.

3. Memikirkan sesuatu yang positif atau lucu
Cobalah untuk mengganti pikiran negatif dengan sesuatu yang positif atau lucu. Melihat sisi positif atau lucu dari situasi yang negatif dipercaya bisa mencegah tangisan keluar dari mata Anda

4. Berolahraga
Ketika Anda ingin menangis menjelang berbuka puasa, cobalah berolahraga. Berolahraga dapat membantu tubuh melepas hormon kebahagiaan alias endorphin sehingga bisa membantu Anda menahan emosi.

5. Buatlah ekspresi wajah yang datar
Dikutip dari Healthline, menunjukkan ekspresi wajah yang datar kepada seseorang yang sedang Anda ajak berbicara, dapat mencegah orang tersebut untuk menunjukkan ekspresi yang bisa membuat Anda menangis.

Lewat sebuah studi yang dimuat dalam Nature Communications, sejumlah ahli percaya bahwa ekspresi wajah yang datar dapat mengurangi aktivitas otak, daripada menunjukkan ekspresi wajah tertentu.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here