Wednesday, 26 June 2024
HomeNasionalMengenal Apa Itu Cyberbullying dan Cara Melindunginya Pada Anak

Mengenal Apa Itu Cyberbullying dan Cara Melindunginya Pada Anak

Bogordaily.net bukanlah hal sepele. Hal ini dapat menimpa anak-anak dan memberikan banyak dampak buruk. Oleh karenanya, sebagai orang tua Anda wajib mengetahui apa itu dan cara melindungi dari anak.

Meski membawa manfaat, teknologi yang anak-anak gunakan juga hadir dengan risikonya sendiri. Salah satu risiko yang paling sering muncul, sekaligus paling berbahaya dalam dunia maya, adalah adanya perundungan siber (). Inilah yang patut menjadi perhatian orang tua.

Apa sebenarnya perundungan siber? Lalu bagaimana bentuk, dampak negatif, serta cara menjaga anak agar aman berada di dunia maya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Dikutip dari laman resminya, UNICEF mendefinisikan perundungan siber, atau , sebagai bentuk perundungan dengan menggunakan teknologi digital. Bisa dilakukan melalui media sosial, aplikasi chatting, media game online, dan juga pada aktivitas dunia maya lainnya.

Sebagai orang tua, mungkin saat ini kita berpikir, “Bagaimana ya, agar saya bisa melindungi anak dari kemungkinan di dunia maya?”

Nah, kamu tak perlu khawatir. Berikut adalah 4 hal yang bisa kamu lakukan agar anak terhindar dari perundungan siber dan dunia maya lainnya:

1. Melakukan komunikasi terbuka

Komunikasi yang baik antara anak dan orang tua menjadi salah satu kunci sukses untuk menjaga keamanan anak dalam dunia maya. Dorong anak untuk menceritakan kegiatannya di internet, termasuk dengan siapa saja ia terhubung dan berkomunikasi.

Tak hanya itu, sebagai orang tua, kita juga bisa meluangkan waktu untuk mendampingi anak dalam mengakses internet, baik untuk mencari aplikasi, konten, atau hiburan daring yang sesuai.

2. Pilih konten yang sesuai dengan usia

Pemilihan konten yang sesuai bagi anak juga sangatlah penting untuk menghindarkan anak dari dunia maya. Saat ini, sudah banyak fitur keamanan yang dimiliki berbagai media atau website di dunia maya.

Hal yang serupa juga dimiliki oleh YouTube dengan fitur “Parental Control” yang dimilikinya.

3. Mengajarkan etika dunia maya pada anak

Komunikasikan pada anak bahwa meskipun sedang melakukan komunikasi secara daring, kita harus memiliki etika yang baik.

Seperti misalnya menggunakan bahasa lisan dan tertulis yang baik, menghargai lawan bicara, serta memberi pengertian pentingnya tetap menggunakan pakaian yang sopan dan sesuai saat ia berkegiatan di dunia maya.

Ajak juga anak untuk melaporkan pada orang tua jika ia menerima pesan atau perlakuan tak pantas dari seseorang di internet.

4. Mengingatkan anak tentang keamanan data pribadi

Cara keempat yang bisa kita lakukan sebagai orang tua adalah dengan mengingatkan anak akan pentingnya menjaga data pribadi.

Jelaskan bahwa dunia maya bukanlah tempat yang aman bagi kita untuk sembarangan membagikan data pribadi, karena data tersebut dapat dimanfaatkan oleh orang asing untuk hal-hal yang kurang baik.

Ingatkan juga kepada anak-anak untuk mulai bijak dalam mengunggah foto atau video dirinya, karena data yang masuk ke dunia maya tidak akan mudah dihilangkan begitu saja.***

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here