Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaMengenal Salmonella, Bakteri Berbahaya Bagi Anak yang Terdapat di Prodak Kinder Joy

Mengenal Salmonella, Bakteri Berbahaya Bagi Anak yang Terdapat di Prodak Kinder Joy

Bogordaily.net– Penjualan cokelat Kinder Joy ditarik dari sejumlah pasar Eropa menyusul temuan Salmonella di makanan tersebut. Produk Kinder Joy yang terkontaminasi tersebut adalah Kinder Surprise.

Health Security Agency di Inggris, Lesley Larkin, mengatakan bahwa Salmonella seperti ditemukan di Kinder Joy bisa menyebabkan diare, kram perut, mual, muntah dan demam biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.

“Salmonella juga dapat menyebar dengan mudah antar individu. Pada siapapun yang mendapati dirinya memiliki gejala terkait untuk tetap menjaga kebersihan dengan rutin mencuci tangan dan menghindari kontak fisik dengan makanan secara langsung, seperti menyentuh makanan orang lain,” ucapnya seperti dikutip dari Bisnis.com pada Selasa, 12 April 2022.

Wabah salmonella merupakan penyebaran penyakit yang terjadi karena disebabkan oleh infeksi Salmonella pada bagian saluran usus. Penyakit ini umum terjadi dan dapat menular lewat makanan dan minuman yang terkontaminasi Salmonella.

Penyakit yang sangat berkaitan dengan kondisi higienitas seseorang dan lingkungan ini, harus diwaspadai karena bisa menyebabkan beberapa dampak berbahaya tanpa mengenal usia seseorang tersebut.

Proses terjadinya penyakit tersebut terjadi akibat adanya Salmonella pada makan makanan dan minuman sehingga tercemar lalu masuk ke dalam tubuh, yakni saluran pencernaan dan menginfeksi usus. Akibatnya, muncullah berbagai gejala-gejala terkait pencernaan.

Mengutip laman hellosehat.com, Selasa, 12 April 2022, saat Anda mengonsumsi makanan yang mengandung Salmonella, Anda tidak akan langsung merasa sakit.

dari bakteri Salmonella seperti terdapat di Kinder Joy baru terasa atau muncul setidaknya 2 hari–3 hari setelah Anda mengonsumsi makanan tersebut. Sehingga, mungkin akan sulit bagi Anda untuk mengetahui makanan apa yang menyebabkan Anda sakit.

Gejala yang terjadi pada seseorang akan timbul sekitar 8–72 jam usai bakteri tersebut masuk dan menginfeksi usus.

Gejala infeksi bakteri salmonella

– Sakit kepala

– Diare

– Keram perut

– Mual dan muntah

– Ada darah pada feses

– Demam dan menggigil

Cara pencegahan infeksi bakteri salmonella

– Memasak makanan dan air untuk minum hingga benar-benar matang

– Cuci dengan bersih bahan-bahan maupun alat-alat makan menggunakan air yang mengalir

– Selalu cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir hingga bersih, khususnya jika kamu melakukan kontak dengan hewan, beraktivitas di luar, ataupun seseorang pengidap penyakit akibat bakteri salmonella.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here