Saturday, 21 September 2024
HomeKulinerMengenal Tempe Mendoan Makan Khas Asal Banyumas

Mengenal Tempe Mendoan Makan Khas Asal Banyumas

Bogordaily.net – Salah satu kuliner khas yang ada di kawasan Banyumas, Jawa Tengah adalah tempe kemul atau tempe mendoan. Tempe ini memiliki tekstur yang kenyal dan empuk karena digoreng setengah matang.

Keunikan dari tempe mendoan makanan khas Banyumas ini adalah ukuran yang besar dan dimasak dengan balutan adonan tepung terigu dan beras yang sudah dibumbui dengan aneka rempah.

Tempe mendoan khas Banyuman cenderung memiliki lapisan tepung yang lebih tebal, yaitu sekitar 3 inchi.

Teksturnya pun tidak krispi melainkan lebih empuk dan kenyal dari adonan tepung yang digoreng setengah matang. Namun di balik ciri khasnya yang unik, bukan tanpa alasan tempe mendoan digoreng setengah matang.

Di balik tekstur tempe mendoan yang kenyal dan empuk ini, ada sejarah yang menarik yang patut diketahui.

Mendoan jika ditilik dalam bahasa Jawa berasal dari kata mendho yang berarti ungkapan untuk mengatakan “di antara kata mendhak (ke bawah) dan juga mendhuwur (ke atas).

Sehingga secara keseluruhan berarti kata medhoan memiliki definisi tanggung atau di tengah-tengah.

Maka mendoan adalah asli Banyumas ditilik dari cara membuat dan memasaknya, serta penamaan bahasanya.

Mendoan digoreng setengah matang karena dulunya dibuat sebagai olahan cepat saji. Hal ini bertujuan untuk mempersingkat waktu pembuatan dan tidak menghabiskan waktu untuk menunggu tempe goreng menjadi sangat kering.

Mendoan muncul bersamaan dengan tempe yang merupakan makanan berbahan baku kedelai yang banyak tumbuh di seputar Asia Tengah wilayah China dan Indocina. Lalu kedelai dibawa oleh masyarakat Asia Tengah ketika bermigrasi ke tenggara.

Mendoan juga sudah lama disantap oleh masyarakat Banyumas. Makanan khas Banyumas tersebut ternyata sudah ada sejak lebih dari satu abad lalu.

Namun mulai menjadi komuditas ekonomis dan dikelola secara komersial dalam dunia kepariwisataan sejak awal 1960-an. Makanan ini bukan sekadar kudapan nikmat untuk menemani minum teh, tetapi juga sebagai ujung tombak pariwisata Kabupaten Banyumas.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here