Wednesday, 8 May 2024
HomeKabupaten BogorMinggu Ke-2 Ramadan, Pedagang Kolang Kaling Banjir Orderan

Minggu Ke-2 Ramadan, Pedagang Kolang Kaling Banjir Orderan

Bogordaily.net– Memasuki minggu ke-2 bulan Ramadan, pedagang di Pasar Ciampea Baru, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, semakin kolang kaling atau yang lebih dikenal oleh masyarakat sunda dengan sebutan caruluk.

Seperti Kurniadi (40) salah seorang pedagang yang biasa menjual sayur mayur dan buah-buahan tersebut sekarang menambah barang jajakannya yaitu menjual kolang kaling.

Hal itu ia lakukan dikarenakan banyaknya pesanan dari para pembeli yang sering berbelanja. Bahkan menurutnya, pesanan kolang-kaling dari pembeli disiapkan untuk menyambut hari raya idul fitri 2022.

“Alhamdullilah kalau puasa gini mah pesanan banyak, emang udah kaya ciri khas mungkin ya setiap mau lebaran,” ungkapnya kepada BogorDaily.net Sabtu 16 April 2022.

Lanjutnya ia mengatakan, kolang kaling yang ia sediakan atau dijual untuk hari ini stoknya sedikit, namun untuk pemesanan sudah banyak dari pemebeli, bahkan bisa dikatakan kebanjiran orderan.

“Kalau buat sekarang mah, sedikit si itu juga yang dibak, tapi kalau pesanan mah dari pelanggan gitu ya banyak, buat lebaran katanya,” tambahnya.

Bahkan, kata Kurniadi, ada pembeli sampai memesan kolang kaling melalui panggilan telpon dalam aplikasi pesan Whatsapp.

“Kalau langganan saya gitu yang udah sering belanja mah sampe ada yang nelpon Wa, terus ngechat ke saya, mesen caruluk mang, dari langganan teh,” jelasnya.

Selain menjual kolang kaling, Kurniadi juga menjual aneka menu untuk es campur atau sop buah, yaitu rumput laut, agar-agar, cincau, dan lainnya, berikut adalah daftar harga komoditi.

Kolang laling biasa (ukuran sedang) : Rp 15 ribu perkilogram
Kolang kaling Super (ukuran besar) : Rp 20 ribu perkilogram
Cincau hitam : Rp 5 ribu per potong
Agar-agar : Rp 5 ribu per potong
Rumput laut : Rp 20 ribu per kilogram

Berkah Ramadan kali ini, nyata dirasakan oleh Kurniadi. Dengan kolang-kaling jualannya ini, ia mampu meraup keuntungan besar dibanding hari biasanya.*

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here