Friday, 29 March 2024
HomeNasionalMusyawarah Nasional Luar Biasa Persaudaraan Korban Napza Indonesia 2022

Musyawarah Nasional Luar Biasa Persaudaraan Korban Napza Indonesia 2022

Bogordaily.net-Persaudaraan Korban atau PKNI adalah sebuah organisasi yang didirikan atas dasar keprihatinan para korban kebijakan terhadap Stigma, , Diskriminasi dan pelanggaran HAM yang terjadi pada orang yang menggunakan NAPZA.

Didirikan dan dideklarasikan pada tanggal 10 Juni tahun 200 dengan nama awal organisasi IPPNI (Ikatan Persaudaraan Pengguna ).

Sejak terbentuknya IPPNI ditingkat Nasional, dibentuk kelompok serupa pada beberapa Propinsi ditingkat Kota/ Kabupaten. Kongres pertama IPPNI dilaksanakan pada saat Pertemuan Nasional Harm Reduction kedua di Kota Makassar pada tanggal 15 s/d 18 bulan Juni tahun 2008.

Pada saat kongres disepakati perubahan nama IPPNI menjadi PKNI dengan pertimbangan utama terminologi ‘ Pengguna NAPZA ‘ masih sulit diterima masyarakat sehingga dapat menghambat atau mempersulit upaya advokasi yang akan dilakukan.

Saat ini setelah 16 tahun berdiri PKNI memiliki perwakilan dari 18 Kota/ Kabupaten di 11 Propinsi : Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Lampung, , Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Utara.

Pada hari Rabu 06 April 2022, PKNI mengadakan Musyawarah Nasional Luar Biasa atau MUNASLUB. Kegiatan MUNASLUB ini dilakukan mengingat adanya kekosongan posisi pada struktur Dewan Pengawas, Dewan Pengurus dan status Koordinator Nasional yang masih sementara.

Selain hadirnya perwakilan dari kelompok perempuan atau ( Perempuan Persaudaraan Korban ), kegiatan MUNASLUB ini  dihadiri oleh 16 peserta dari perwakilan masing – masing Propinsi dan ditingkat Kota/ Kabupaten ( dua perwakilan daerah tidak hadir ) baik melalui tatap muka secara langsung maupun media aplikasi zoom.

Tiga orang perwakilan wilayah yang hadir secara langsung adalah perwakilan dari PKNI wilayah DKI Jakarta, Kalimantan Timur, dan Sumatera Utara. Sedangkan 15 peserta perwakilan wilayah lainnya dan perwakilan dari hadir melalui aplikasi zoom.

Pada diskusi awal melalui media zoom Koordinator Nasional sementara Moch. Endy Mulia Putra menjelaskan situasi terkini organisasi dimana adanya kekosongan pada struktur Dewan Pengawas, Dewan Pengurus dan jabatan Koordinator Nasional yang masih berstatus Plt, sementara organisasi harus terus bergerak.

Selain itu untuk mengadakan MUNASLUB secara tatap muka langsung terhalang situasi masa Pandemi COVID 19 yang mana menjadi hambatan untuk dapat mengumpulkan semua perwakilan dari wilayah dari masing – masing Propinsi dan Kota/ Kabupaten. Berangkat dari situasi tersebut seluruh konstituen bersepakat untuk melaksanakan MUNASLUB.

Ditunjuk sebagai Panitia Pelaksana MUNASLUB oleh saudara Rinto Harahap yang masih menjabat Dewan Pengurus adalah saudara Wan Traga Duvan Baros ( Sumatera Utara )  sebagai Ketua Sidang, Bonny Sofianto ( Bogor ) sebagai Wakil Ketua Sidang dan saudara Nobon Setiawan ( Kalimantan Timur ) sebagai  Anggota. Sidang dimulai dengan pengesahan anggota kelompok perwakilan wilayah baru dan lalu dilanjutkan melakukan pemilihan Dewan Pengawas dan Dewan Pengurus.

Terpilih melalui proses pemilihan dan kesepakatan konstituen yang hadir, susunan Dewan Pengawas Ketua saudara Ahmad Agung ( Lampung ), Wakil Ketua saudara Toar Kumontoy A.Md.E ( Sulawesi Utara ), dan saudari Syofina ( Sumatera Barat ). Susunan Dewan Pengurus terpilih : Ketua saudara Rinto Harahap ( Bengkulu ), Wakil Ketua Cecep Supriadi ( Banten ), dan sebagai Anggota saudara Amar Satri ( Nanggroe Aceh Darusalam ).

Setelah pemilihan Dewan Pengawas dan Dewan Pengurus dilaksanakan, kegiatan selanjutnya dilakukan pemilihan Koordinator Nasioanal. Berdasarkan proses pemilihan dengan jumlah anggota/ konstituen yang telah kuorum disepakati oleh semua perwakilan wilayah, saudara Moch Endy Mulia Putra dikukuhkan menjadi Koordinator Nasional PKNI untuk periode 2022 – 2026.

Setelah proses pemilihan selesai dilaksanakan, Ketua Dewan Pengawas beserta anggotanya memberikan sambutan dan dilanjutkan kemudian oleh Ketua Dewan Pengurus beserta anggotanya juga memberikan kata sambutan.

Kata sambutan terakhir sekaligus penutupan kegiatan MUNASLUB dilakukan oleh saudara Moch Endy Mulia Putra selaku Koordinator Nasional PKNI terpilih periode 2022 – 2026. Turut pula disampaikan bahwa pengesahan secara resmi rencananya akan dilaksanakan pada awal bulan Juni tahun 2022 dan beliau juga menyampaikan harapannya masa Pandemi COVID 19 ini dapat segera berakhir agar pertemuan seluruh konstituen untuk pengesahan secara resmi dapat dilaksanakan.*

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here