Thursday, 18 April 2024
HomeKota BogorPemkot Bogor Siapkan Anggaran Huntara Bagi Korban Kebakaran Kampung Cincau

Pemkot Bogor Siapkan Anggaran Huntara Bagi Korban Kebakaran Kampung Cincau

Bogordaily.net– Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyiapkan anggaran pembiayaan hunian sementara (huntara) bagi warga atau korban Kampung Cincau, Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, .

“Iya, jadi terkait dengan warga yang terdampak kemarin di Kampung cintcau, kita sudah komunikasikan dengan kecamatan dan kelurahan untuk dicarikan tempat tinggal hunian sementara (Huntara),” kata Kepala Pelaksana BPBD , Teofilo Patrocinio Freitas kepada Bogordaily.net, Rabu, 30 Maret 2022.

Menurut Teo, terdapat dua pilihan huntara bagi korban Kampung Cincau. Pertama yaitu tinggal di rumah susun sederhana (rusunawa) yang ada di . Kemudian yang kedua, warga dapat memilih kontrakan mana saja yang berada di area sekitar di kampung tersebut.

“Jadi, uang untuk membayar kontrakan atau rusunawa dari Pemerintah melalui BPBD,” ujarnya.

Hanya saja, lanjut Teo, anggaran huntara dari pemerintah itu bukan diberikan kepada warga atau korban yang terdampak , tetapi diberikan kepada pemilik kontrakan, sehingga warga tinggal menempatinya saja.

“Kemarin itu kan yang terkena imbas kebakaran jumlahnya ada 11 rumah, jadi kita berikan sesuai jumlah rumah yang terkena musibah kebakaran,” imbuhnya.

Masih kata Teo, anggaran untuk pembiayaan huntara pemerintah menyiapkan sebesar Rp1,2 juta per satu huntara kontrakan dan itu tentunya dipotong pajak.

“Ya, satu huntara kontrakan besarannya Rp1,2 juta dipotong pajak selama maksimal tiga bulan. Selebihnya secara mandiri,” ujarnya.

Mengapa hanya tiga bulan, karena kata Teo, untuk saat ini kemampuan pemerintah hanya itu. Akan tetapi, bagi korban atau warga yang tinggal di huntara rusunawa bisa lebih lama bisa mencapai 6 bulan.

“Rusunawa ini kan milik pemerintah jadi sangat memungkinkan bisa lebih lama lagi, bisa 6 bulan,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, telah terjadi kebakaran hebat di . Belasan rumah di Kampung Cincau Gang Sampeu RT02, RW09, Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah hangus terbakar, pada Selasa pagi, 29 Maret 2022.

Barang-barang berharga senilai jutaan rupiah ludes tak terselamatkan. Akibatnya, warga yang terkena bencana kehilangan tempat tinggalnya.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan pada Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) , Mohammad Ade Nugraha mengatakan, kebakaran yang menyebabkan belasan rumah terbakar itu terjadi pada Selasa pagi sekitar pukul 04.00 WIB.

“Kita mendapat informasi melalui telepon pukul 04.00 WIB, dimana ada peristiwa kebakaran di daerah Bogor Tengah dan kita pun langsung bergegas terjun ke lokasi kejadian,” kata Mohammad Ade Nugraha kepada Bogordaily.net, Selasa, 29 Maret 2022.

Ia mengungkapkan, kebakaran tersebut diduga disebabkan arus pendek listrik di lantai dua rumah milik Ibu Cucu. Kemudian api dengan cepat merambat ke bangunan yang ada disekitarnya, sehingga dari peristiwa itu sedikitnya 11 rumah terdampak hingga mencapai kerugian ratusan juta rupiah.

“Diduga awal api di berasal dari lantai dua milik ibu ucu. Api Terlihat dari lantai dua bagian atap. Dan itu berdasarkan keterangan saksi yang tak lain anak dari Ibu Cucu, yakni  Iman Agusmumin,” ungkapnya.

Dalam peristiwa itu juga, kata Ade, ada seorang korban mengalami luka bakar yakni pemilik rumah Ibu Cucu.

“Ya, pemilik rumah mengalami luka bakar di bagian kepala dan kaki, korban sudah dilarikan ke rumah sakit,” ucapnya.

Masih kata Ade, api dijinakkan dua jam setelah kejadian, tepatnya pukul 06.08 WIB. (Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here