Friday, 19 April 2024
HomeEkonomiPerbedaan Pertamax dan Pertalite: Selain Harga, Ini Keunggulan Masing-Masing

Perbedaan Pertamax dan Pertalite: Selain Harga, Ini Keunggulan Masing-Masing

Bogordaily.net–  Harga bahan bakar minyak () dikabarkan naik. Setelah beberapa waktu lalu, kali ini Pretalite juga diisukan menyusul. Membahas dua jenis bahan bakar yang populer yang digunakan oleh masyarakat umum, berikut perbedaan dan seperti dilansir dari Suara.com?

Harga 

Di area DKI Jakarta per bulan April 2022, harganya adalah sebagai berikut.

: Rp7.650 per liter

: Rp12.500 per liter

Dari segi harga, terdapat perbedaan yang cukup jauh, hampir Rp5.000 untuk setiap liternya.

Nilai Oktan

Perbedaan selanjutnya adalah pada nilai oktan. , memiliki RON sebesar 90, sedangkan Pertamax memiliki RON sebesar 92. hal ini menunjukkan besar tekanan yang bisa diberikan sebelum pembakaran bahan bakar secara spontan. Indikasi nilai RON semakin tinggi menandakan bahan bakar memiliki waktu lebih lama untuk terbakar sempurna.

Warna Cairan Bahan Bakar

Perbedaan keduanya terletak pada warna cairan bahan bakar yang dimaksud. secara umum memiliki warna hijau, sedangkan Pertamax umumnya memiliki warna biru. Untuk jenis Pertamax Turbo, yang memiliki RON lebih tinggi, warnanya adalah merah.

Kompresi Mesin

Berdasarkan kompresi mesin yang digunakan, pertamax didesain untuk mesin dengan kompresi di atas 10:1 sampai 10,9:1. di sisi lain, ditujukan untuk mesin dengan kompresi 9,1:1 hingga 10:1,

Tingkat Polusi yang Dihasilkan

Berkaitan dengan RON atau nilai oktan yang dimiliki jenis bahan bakar, maka dapat pula dilihat setinggi apa tingkat polusi yang dihasilkan. Secara umum, bahan bakar dengan RON tinggi akan menghasilkan tingkat polusi yang rendah, demikian pula sebaliknya. Maka akan menghasilkan polusi lebih tinggi daripada Pertamax.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here