Friday, 10 May 2024
HomeBeritaPeringatan Hari Kartini 21 April dan Kisah Dibelakangnya

Peringatan Hari Kartini 21 April dan Kisah Dibelakangnya

Bogordaily.net -Seperti yang kita tahu, tanggal merupakan . merupakan momen untuk mengenang jasa dan perjuangan RA Kartini sebagai tokoh .

R.A Kartini adalah salah satu pahlawan perempuan Indonesia yang dikenal dengan perjuangan emansipasinya yang berdampak hingga kini.

Kartini adalah pelopor kesetaraan gender di Indonesia terutama dalam hak mendapatkan pendidikan.

Setiap 2022, masyarakat Indonesia merayakan hari khusus pahlawan perempuan ini dengan berbagai kegiatan.

Sejarah Hari Kartini

Hari Kartini sendiri diperingati setiap tanggal . Namun tahukah Anda, bahwa yang pertama justru dirayakan setelah 2 Mei 1964. Baru kemudian setelahnya, Presiden Soekarno yang saat itu menjabat, mengeluarkan Kepres No.108 tahun 1964.

Kepres itu berisi mengenai penetapan RA Kartini sebagai Pahlawan Nasional dan penetapan secara resmi tanggal 21 April sebagai Hari Kartini di Indonesia. Penetapan Hari Kartini ini sendiri mengacu pada hari lahir RA Kartini, yakni 21 April 1879.

Sejak saat itulah terus dilakukan, hingga sekarang ini. Perayaan dilakukan dengan menggunakan pakaian adat masing-masing daerah, sebagai lambang Bhineka Tunggal Ika dan persatuan Indonesia.

Perjuangan RA Kartini untuk Indonesia

RA Kartini dikenal sebagai tokoh , yang menentang keras pasifnya posisi wanita di Indonesia pada sistem masyarakat, keluarga, dan pemerintahan. Pendapat utama beliau adalah bahwa perempuan juga memiliki hak dan kapabilitas yang sama untuk melakukan apa yang saat itu hanya bisa dilakukan laki-laki.

Ia kemudian belajar membaca, dan mengajari beberapa orang perempuan di lingkungannya ketika ia dipingit. Untuk mengembangkan gagasannya ini sendiri, beliau berkorespondensi dengan teman-temannya yang ada di Belanda melalui surat.

Kumpulan surat ini yang kemudian dihimpun, disatukan, dan diterbitkan dalam satu buku berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang, yang mungkin Anda semua juga sudah pernah mendengarnya. Buku ini sendiri diterbitkan pada tahun 1911, tujuh tahun setelah meninggalnya tokoh tersebut.

Demikian penjelasan singkat tentang sejarah Hari Kartini mulai dari awal perjuangan RA Kartini hingga diterbitkannya buku Habis Gelap Terbitlah Terang.

Menghargai jasa para pahlawan bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya mengetahui apa yang mereka lakukan untuk bangsa ini dan terus menjaga semangat tersebut. Selamat Hari Kartini, 21 April 2022.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here