Friday, 29 March 2024
HomeEkonomiPerkuat Ekosistem Digital, BRI Berhasil Salurkan KUR Rp.66,99 Triliun dalam 3 Bulan

Perkuat Ekosistem Digital, BRI Berhasil Salurkan KUR Rp.66,99 Triliun dalam 3 Bulan

Bogordaily.net – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus melanjutkan capaiannya sebagai bank penyalur Kredit Usaha Rakyat () terbesar di Indonesia. berhasil menyalurkan KUR sebesar Rp.66,99 triliun kepada 1,8 juta nasabah dalam tiga bulan pertama di tahun 2022.

Penyaluran ini setara dengan 25,77% dari total plafond Kredit Usaha Rakyat yang diberikan oleh pemerintah kepada di tahun 2022 senilai Rp.260 triliun.

Apabila dirinci per segmen, penyaluran KUR kepada segmen mikro tercatat sebesar Rp.56,69 triliun kepada 1,6 juta nasabah, segmen kecil sebesar Rp.8,67 triliun kepada 31 ribu nasabah dan segmen ultra mikro sebesar Rp.1,64 triliun kepada 186 ribu nasabah.

Wakil Direktur Utama Catur Budi Harto mengungkapkan salah satu kunci keberhasilan dalam menyalurkan Kredit Usaha Rakyat yakni terbentuknya ekosistem digital yang diciptakan oleh perseroan.

“Melalui digitalisasi, dapat menciptakan efisiensi proses bisnis melalui revitalisasi Mantri, enhancement BRISPOT Mikro, serta memperbarui operating model end to end tenaga pemasar, yang berdampak pada peningkatan produktivitas Mantri dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat,” imbuh Catur.

Catur juga menambahkan saat ini perseroan juga telah mengembangkan hyperlocal ecosystem dengan fokus pada ekosistem desa, pasar, kelompok pelaku usaha, dan komoditas tertentu serta menggunakan data analytic untuk memperkuat proses credit underwriting.

“Ekosistem digital yang diciptakan oleh nyatanya mampu mendorong penyaluran KUR, utamanya dari sektor produksi. Tercatat sebesar 56,58% penyaluran KUR pada Maret 2022 disalurkan kepada sektor produksi,” ujarnya.

Strategi dalam menyalurkan KUR, menggunakan pendekatan selective growth.

“Program pembiayaan dilakukan secara cermat dan selektif dengan fokus pada optimalisasi potensi bisnis di daerah, terutama kepada usaha-usaha dari sektor ekonomi yang dinilai unggul, relatif mampu bertahan dan terus tumbuh di tengah kondisi pemulihan ekonomi nasional,” pungkas Catur.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here