Sunday, 5 May 2024
HomeBeritaPresiden Ukraina Tampil di Grammy Awards 2022, Sampaikan Pesan Ini

Presiden Ukraina Tampil di Grammy Awards 2022, Sampaikan Pesan Ini

Bogordaily.net – Sempat diminta beberapa pihak muncul di penghargaan Piala Oscar 2022, akhirnya muncul via video di ajang 2022.

Dalam video itu, Zelensky menyerukan kepada dunia untuk memberikan dukungan pada Ukraina yang saat ini diinvasi Rusia sejak 24 Februari lalu.

“Apa yang lebih berlawanan dengan musik? Keheningan kota-kota yang hancur dan orang-orang yang terbunuh,” kata Zelensky dalam video yang ditayangkan menjelang penampilan penyanyi Amerika John Legend dan penyair Ukrania Lyuba Yakimchuck.

Zelenesky tidak tampil live atau secara langsung, melainkan dalam sebuah video yang sudah direkem terlebih dahulu di bunker yang ada di ibu kota Ukraina, Kiev.

Saat ini sebanyak 400 anak-anak terluka dan 153 wafat akibat invasi tersebut. Dampak perang itu membuat keluarga tercerai-berai. Kita tidak tahu apakah mereka bisa kembali bersama lagi,” ujarnya.

“Musisi-musisi asal Ukraina saat ini tidak bisa mengenakan tuksedo layaknya para hadirin di 2022. Para musisi kini memakai pelindung tubuh untuk melindunginya dari perang,” katanya.

“Isi keheningan dengan musik Anda. Isi hari ini, untuk menceritakan kisah kami. Dukung kami dengan cara apa pun yang Anda bisa. Apa saja, tapi jangan diam,” kata Zelenskiy, mengenakan t-shirt hijau tua, dalam bahasa Inggris, suaranya serak.

Perang pecah di Ukraina lebih dari sebulan yang lalu setelah pasukan Rusia menyerbu daerah-daerah di timur negara itu, menyebabkan, ribuan orang tewas, jutaan warga sipil mengungsi dan membuat banyak kota menjadi puing-puing.*

(Muhamad Fadly)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here