Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaTetap Bugar Selama Puasa, Ini Rekomendasi Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil

Tetap Bugar Selama Puasa, Ini Rekomendasi Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil

Bogordaily.net– Wanita degan usia kehamilan di atas 14 minggu diperbolehkan selama bulan Ramadan selama kondisinya sehat dan diizinkan oleh dokter. Pada trimester kedua kehamilan, kondisi ibu biasanya sudah mulai nyaman dan janin juga telah lebih kuat. Meski demikian, juga harus menjalankan pola hidup sehat selama Ramadan. Agar tidak bertambah berat badan terlalu banyak yang bisa berisiko mengakibatkan diabetes dan hipertensi saat kehamilan.

tidak harus tetap mengkonsumsi makanan bergizi. Biasanya kalau mau meningkatkan berat badan janin prinsipnya makan ice cream yang banyak, sebetulnya itu tidak terlalu benar. Jadi yang kita butuhkan adalah protein yang tinggi dan vitamin-vitamin yang diberikan oleh dokter,” kata dokter spesialis kandungan Bamed Muhammad Fadli, Sp.OG., dalam webinar yang dilansir dari Suara.com.

Menurutnya, porsi makan dan konsumsi vitamin selama Ramadan sebenarnya sama saja bagi . Hanya saja waktunya yang agak berbeda selama menjalankan ibadah .

Dokter Fadli pun merekomendasikan pola makan serta olahraga yang sebaiknya dilakukan bumil selama berpuasa Ramadhan, sebagai berikut:

Makanan yang baik dikonsumsi

Saat sahur sebaiknya bumil mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti beras merah gandum, umbi-umbian, karbohidrat kompleks lebih tahan lama di lambung dan dicerna menjadi energi secara perlahan.

Makanan yang harus dihindari

Kurangi makanan berbahan tepung atau karbohidrat simplek, seperti nasi putih, roti putih, dan makanan mengandung gula. Karena mengandung kadar glikemik tinggi yang bisa meningkatkan dan menurunkan gula darah tubuh secara cepat. Akibatnya tubuh lebih cepat lemas.

Pilih makanan manis alami

Sebaiknya pilih makanan manis yang alami, seperti buah-buahan. Bukan minuman dengan pemanis gula, misalnya cendol, es buah, atau pun minuman manis dalam kemasan yang kadar gula terlalu tinggi.  Hindari minum kafein karena akan menyebabkan lebih sering buang air kecil, sehingga berisiko mempercepat dehidrasi.

Makan perlahan saat berbuka

Saat berbuka , jangan langsung ‘balas dendam'. harus pintar dengan makan sedikit-sedikit di awal berbuka, tetapi sering. Disarankan lebih banyak konsumsi protein dan vitamin yang diberikan dokter tetap diminum secara teratur.

Tetap berolahraga

Sedang berpuasa atau pun tidak, ibu hamil harus tetap berolahraga minimal 150 menit dalam waktu 1 minggu. Dokter Fadli menyarankan bagi waktu olahraga selama lima hari dalam seminggu dengan durasi 30 menit per hari. Bisa dilakukan mendekati waktu berbuka dengan olahraga ringan seperti jalan santai selama 30 menit. Ia menjelaskan bahwa manfaat olahraga bisa bantu mengontrol berat badan ibu tidak naik terlalu banyak. Juga mencegah resiko penyakit diabetes.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here