Friday, 26 April 2024
HomeKulinerSaat Mudik Lewat Pantura, Cobalah Beberapa Kuliner Khas Kota Tegal

Saat Mudik Lewat Pantura, Cobalah Beberapa Kuliner Khas Kota Tegal

Bogordaily.net – Kota Tegal terkenal dengan julukannya sebagai Kota Warteg dan Kota Bahari. Lokasinya yang strategis masuk dalam jalur mudik Pantura menjadikan Tegal sebagai tempat persinggahan untuk beristirahat dan berburu kuliner Tegal.

Yang menjadikannya istimewa, kuliner Tegal memiliki cita rasa yang berbeda dari masakan Jawa pada umumnya.

Berikut 7 kuliner legendaris Tegal yang patut dicoba, dijamin ketagihan.

1.  Kupat Blengong Minato

Kupat Blengong Minato beralamat di Kraton, Kec. Tegal Barat, Tegal. Harganya sebesar Rp23.000 per porsinya. Pas ngambil satenya, jangan lupa dicelupin dulu ke kuah bumbunya, ya. Level kelezatannya langsung naik drastis!

2. Kupat Glabed Randugunting

Kupat Glabed Randugunting ini beralamat di Jl. Randugunting, kec.Tegal Selatan, Tegal. Harganya sebesar Rp10.000 per porsinya.

Menggunakan lontong kari dengan topping kerupuk mie, bawang goreng, dan disiram dengan kuah kuning kental ditambah dengan sate kerang yang di bumbui sambel goreng.

3. Rujak Teplak


Sajian Rujak Teplak Tegal ini berbeda dengan rujak lainnya. Rujak Teplak terdiri dari bermacam sayuran sehat seperti kangkung, lembayung, daun singkong, jantung pisang, pare, kol dan tauge. Keunikan ini terdapat pada bumbunya.

Bumbu Rujak Teplak dibuat dari singkong yang dihaluskan dan dicampur air serta aneka bumbu sehingga mirip dengan bumbu pecel. Agar lebih nikmat, kamu bisa menambahkan kerupuk mie gurih sebagai pendamping ketika menyantapnya. Perpaduan rasa yang sempurna dijamin bikin kamu ketagihan menyantapnya lagi dan lagi.

4. Blendung

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Tegal namun tidak mencoba tradisional satu ini. Blendung adalah jenis makanan dari Tegal berbahan dasar jagung yang direbus sampai empuk kemudian diberi sedikit garam, penyedap dan parutan kelapa.

Kombinasi tersebut berpadu dengan manisnya jagung yang menciptakan rasa gurih dan enak. Itulah sebabnya ketika berkunjung ke Tegal, kuliner satu ini wajib banget dicoba.

Harga: Sekitar Rp4.000 per porsi.

5. Nasi Lengko


Makanan Tegal berikutnya adalah Nasi Lengko. Makanan ini disajikan dengan sederhana namun menggugah selera.

Nasi panas yang sudah ditata di dalam piring kemudian diberi tambahan topping seperti potongan tahu, tauge, tempe dan mentimun.

Selanjutnya, disiram dengan bumbu kacang dan diberi kerupuk kuning sebagai pelengkap. Bumbu kacang yang digunakan dalam Nasi Lengko sangatlah karena lebih kental dan terasa pedas ketika dikecap. Selain itu, porsinya juga pas sebagai menu sarapan sebelum berwisata di Tegal.

6. Es Lontrong

Tak hanya makanannya saja yang istimewa, Kota Tegal juga memiliki minuman legendaris bernama Es Lontrong. Minuman ini telah ada sejak lama sehingga sangat populer di kalangan masyarakat Tegal.

Es Lontrong terbuat dari campuran santan dan air gula yang diberi isian kacang hijau serta cincau. Untuk melengkapi kesegarannya, es serut ditambahkan ketika penyajiannya. Minuman tradisional ini sangat cocok dinikmati setelah menelusuri keindahan Kota Tegal.

7. Sega Waras

Sega Warsa ini beralamat di Jl.Kemuning No.1, Kejambon, Kec. Tegal Timur, Tegal. Harganya sekitar Rp5.000 per porsi. Menggunakan daun jati sebagai bungkus dan alas makan, menu yang hanya nasi sayur tempe, telor dadar, tempe goreng, dan teh hangat saja ini masih terasa nikmat dan lezat!***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here