Erick Thohir Sutar Edaran Larangan Pelecehan di BUMN

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Pegadaian Turun, Rabu 28 September 2022 Jangan Telat Perpanjang SIM! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 28 September 2022 Terkini! Ini Ramalan Kota Bogor Hari Ini, Rabu 28 September 2022 Masih Sama, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Selasa, 27 September 2022 Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM di Kota Bogor, Selasa 27 September 2022

Nasional ยท 16 Apr 2022 11:46 WIB

Sambut UU TPKS, Erick Thohir Terbitkan Sutar Edaran Larangan Pelecehan di BUMN


 Menteri BUMN Erick Thohir Sambut Sambut Baik UU TPKS. (liputan6/Bogordaily.net) Perbesar

Menteri BUMN Erick Thohir Sambut Sambut Baik UU TPKS. (liputan6/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Sabut rancangan undang-undang TPKS (UU TPKS), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menerbitkan surat menerbitkan surat edaran pencegahan kekerasan dan pelecehan di BUMN.

Surat edaran dengan nomor SE-3/MBU/04/2022 tentang kebijakan berperilaku saling menghargai di tempat kerja atau Respectful Workplace Policy (RWP). SE ini ini untuk mencegahan kekerasan dan pelecehan di BUMN dalam rangka menyambut Undang-undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS).

“Kementerian BUMN berkomitmen menyediakan lingkungan kerja yang saling menghormati, bebas dari diskriminasi, pengucilan atau pembatasan, pelecehan, perundungan, dan berbagai bentuk kekerasan lainnya serta menjunjung tinggi martabat dan harga diri, untuk menjaga produktivitas selama bekerja,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir, Sabtu, 16 April 2022.

Hal ini selaras dengan nilai utama BUMN yakni Akhlak dan juga menindaklanjuti Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) sesuai Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2021 Tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia Tahun 2021-2025.

Selain itu, kata Erick Thohir, Kementerian BUMN juga memberi perhatian pada penyandang disabilitas, kesetaraan gender, serta mencegah adanya bias dan diskriminasi terhadap perempuan di lingkungan BUMN, anak perusahaan BUMN, dan perusahaan afiliasi terkonsolidasi atau Grup BUMN.

Ia meminta seluruh direksi memberikan kesempatan yang sama kepada laki-laki dan perempuan dalam menduduki seluruh tingkat jabatan di perusahaan. Surat edaran ini bertujuan mewujudkan lingkungan kerja yang aman, nyaman, dan harmonis.

“Aturan ini menjadi pedoman seluruh insan BUMN untuk berperilaku sopan dan menghindari berperilaku tidak hormat, termasuk perilaku yang akan menyinggung, mengintimidasi, mempermalukan orang lain, berbagai bentuk pelecehan, perundungan, serta bentuk-bentuk kekerasan lainnya yang berpotensi merendahkan harkat dan martabat kemanusiaan,” ujar Erick Thohir.

Dalam surat edaran ini, Menteri BUMN meminta direksi BUMN menyusun dan menerapkan RWP di lingkungan Grup BUMN.

Ia mengaku tidak akan mentolerir setiap tindakan diskriminasi, kekerasan, pelecehan di seluruh lingkungan BUMN. Direksi BUMN ditugaskan menyiapkan program strategis maupun taktis dalam penyusunan dan penerapan RWP.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Demi Bela Istri Ferdy Sambo, Ini yang Dilakukan Eks Jubir KPK Febri Diansyah

28 September 2022 - 22:08 WIB

Jaksa Kasus Ferdy Sambo Bakal Disadap dan Diinapkan di Safe House

28 September 2022 - 17:59 WIB

Hindari Social Engineering, Pakar Keamanan Siber Imbau Masyarakat Tidak Asal Klik Link dan Install Aplikasi

28 September 2022 - 17:47 WIB

Berkas Perkara Pembunuhan Brigadir J Lengkap, Ferdy Sambo Cs Segera Diadili

28 September 2022 - 17:39 WIB

Edan! Kakek di Ngawi Bacok Istri Lalu Bunuh Diri Gara-gara Ditolak Bercinta

28 September 2022 - 17:29 WIB

Lampung

Ternyata Mudah, Ini Cara Menolak Masuk Grup WhatsApp

28 September 2022 - 17:01 WIB

Menolak grup WhatsApp
Trending di Nasional