Saturday, 18 May 2024
HomeBeritaSanlat di SDN Semplak 2, Menulis Mushaf dan Hafalan Alquran

Sanlat di SDN Semplak 2, Menulis Mushaf dan Hafalan Alquran

Bogordaily.net – Program (sanlat) di Sekolah Dasar (SD) Kota Bogor tengah usai dilakukan. Pelaksanaannya pun berjalan lancar, seperti halnya di SDN Semplak 2 Bogor, Kelurahan Semplak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Ditemui di sekolahnya, Kepala SDN Semplak 2 Bogor, Radite mengatakan, memasuki minggu ke tiga di bulan Ramadhan ini pihak sekolah mengisi kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan program (sanlat) yang diikuti oleh seluruh siswanya.

Dalam pelaksanaan sanlat ini, sambung Radite, dia dan guru-guru yang ada di SDN Semplak 2 memilih tema pembelajaran menulis mushaf Al-Quran sebanyak 30 juz.

“Ya, kita sudah selesai melaksanakan sanlat yang dimulai pada 18-21 April 2022 kemarin. Kita isi dengan berbagai kegiatan pendidikan agama, mulai dari materi fiqih, sejarah dan menulis mushaf Al-Quran 30 juz,” kata Radite kepada Bogordaily.net.

Ia menjelaskan, tema menulis mushaf Al-Quran ini maksudnya siswa-siswi di beri tugas yaitu menulis dan menebalkan huruf-huruf yang ada di Al-Quran sebanyak 30 juz. Dan kegiatan ini bukan hanya diberikan kepada siswa, melainkan guru-gurunya juga mengikuti program tersebut.

Sedangkan mekanisme pelaksanaannya, dibagi menjadi 3 kelompok, dimana di masing-masing kelompok di isi dua kelas, seperti kelompok kelas 1-2, kelompok kelas 3-4 dan kelompok kelas 5-6.

“Nah, dalam pelaksanaanya kita bekerja sama dengan DKM Al-Maidah. Sehingga kegiatannya di Masjid Al-Maidah dan juga di sekolah,” ujarnya.

Selain itu, di kegiatan ini juga pihaknya mengundang penceramah dari Aliya yaitu Ust Abdurrahman. Kemudian di isi juga dengan penyaluran zakat fitrah bagi warga sekolah yang ingin di sekolah ini.

“Jadi kita akan membuat panitia pelaksanaan zakat fitrah. Dimana hasilnya itu diberikan kepada siswa siswi yatim atau yang ada di sini dan juga masyarakat yang kurang mampu di sekitar sekolah,” katanya.

Ia berpesan kepada siswa-siswinya untuk memanfaatkan bulan suci Ramadan ini dengan sebaik mungkin, seperti tetap belajar meski berada di rumah dan paling penting adalah meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.

(Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here