Sarah, Kartini Muda di Bidang Otomotif

Menu

Mode Gelap
Diduga Ruko di Desa Rancabungur Jadi Sarang Penjualan Obat Terlarang Muncul Lagi di Wuhan, China Alami Lonjakan Kasus Covid-19 Banyak Masalah, Kemensos RI Cabut Izin ACT! Cek Lokasi Perpanjangan SIM Kota Bogor, Rabu 6 Juli 2022 Mau Kuliah Gratis di STAI Al-Hidayah? Cek Persyaratannya!

Tokoh · 21 Apr 2022 11:04 WIB

Sarah, Kartini Muda di Bidang Otomotif


 Wanita Muda ini Bernama Sarah, Ialah Kartini Muda di Dunia Otomotif. (Jhony/Bogordaily.net) Perbesar

Wanita Muda ini Bernama Sarah, Ialah Kartini Muda di Dunia Otomotif. (Jhony/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Seorang wanita muda bernama Sarah, yang bekerja dibidang otomotif.  Adalah salah satu sosok kartini muda yang dimiliki oleh bangsa ini. Pasalnya, hanya sedikit wanita yang mau obekerja dibidang otomotif sebagai service advisor (SA).

Bekerja sebagai SA, bisa diibaratkan sebagai seorang dokter di bidang otomotif. Pasalnya, merekalah yang mengobati kendaraan milik pelanggan yang alami masalah pada mesin maupun body mobil.

SA akan menyambut kedatangan kita di counter penerimaan pada bengkel resmi pemegang merk. Mengecek riwayat servis mobil, menanyakan keluhan, dan memberi saran apa saja yang perlu dilakukan pada mobil.

Biasanya jenjang karier seorang SA dimulai dari teknisi. Demikian juga dengan Sarah. Walaupun seorang wanita, dia tetap harus melewati tahapan menjadi teknisi yang piawai mengganti ban dan oli, serta membongkar pasang mesin.

Ini Sarah peroleh ketika mengikuti Pendidikan Standar Pelayanan dari Training Center PT Mitsubishi Motors Kramayudha Sales Indonesia, Jakarta.

“Saat Sarah masih sekolah dan menjalani PKL ( Praktek Kerja Lapangan) selama 6 bulan di bengkel kami, saya lihat Sarah punya semua kriteria untuk menjadi SA. Selain pengetahuan dan skill yang bagus tentang mesin, yang tak kalah penting adalah kemampuan berkomunikasi dengan customer,” tutur Asep Saepudin, Service Manager Sun Star Prima Motor Yasmin.

“Buat kami di Sun Star Prima, adanya SA wanita bukan masalah, malah menjadi suatu kebanggaan. Sarah adalah satu – satunya wanita di antara 16 orang SA kami yang tersebar di 8 cabang Sun Star seJabodebek,” tambah Evelyn, Branch Manager Sun Star Prima Motor Yasmin, Bogor.

Sarah, si gadis tomboy yang mengaku tak suka memakai rok ini pernah bercita – cita menjadi tentara. “Karena ada sedikit nilai yang kurang waktu tes masuk, jadi tidak lulus,” tutur Sarah.

Lulusan SMKN 4 Kota Bogor jurusan mesin tahun 2019 ini sudah jatuh cinta pada dunia otomotif sedari kecil. Sang ayah, sering mengajak Sarah ke tempat kerjanya, bengkel mobil kecil pinggir jalan milik keluarga.

Satu keinginan Sarah yang belum terwujud adalah melanjutkan pendidikan dan meraih gelar S1 Teknik Mesin, sambil tetap bekerja.

Masih relevankah, membahas masalah emansipasi wanita di jaman milenial ini?
Yang jelas, perempuan Indonesia bisa menjadi apa saja yang mereka inginkan. Para wanita muda ini, pantas dijuluki sebagaii Kartini muda.*

(Johnny Pinot)

Artikel ini telah dibaca 300 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Profil Arawinda Kirana, Pemeran Utama Film Yuni yang Jadi Trending Topic

6 Juli 2022 - 22:31 WIB

Profil Christophe Galtier, Pelatih Baru PSG Pengganti Pochettino

6 Juli 2022 - 15:33 WIB

Profil Ibnu Khajar, Presiden ACT Pengganti Ahyudin

5 Juli 2022 - 17:03 WIB

Sosok Princess Leonor, Putri Sulung Raja Felipe VI yang Warisi Takhta Kerajaan Spanyol

5 Juli 2022 - 16:53 WIB

Sundar Pichai, Dulu Hidup Susah Kini Jadi Bos Google

4 Juli 2022 - 14:35 WIB

Sosok Pemimpin ACT dan Daftar Nama Petinggi Yayasan

4 Juli 2022 - 09:25 WIB

Pemimpin ACT
Trending di Tokoh