Friday, 3 May 2024
HomeBeritaSelain Puasa, 5 Amalan Ibadah Ini Bisa Dilakukan Saat Bulan Ramadan

Selain Puasa, 5 Amalan Ibadah Ini Bisa Dilakukan Saat Bulan Ramadan

Bogordaily.net – Sebagai bulan yang penuh ampunan, banyak orang yang berlomba-lomba berbuat kebaikan untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Termasuk melakukan . Selain berpuasa, ternyata ada ibadah lain yang bisa dilakukan saat .

merupakan bulan penuh rahmat bagi seluruh umat muslim sehingga tidak heran banyak yang kemudian memperbanyak ibadah dan .

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 5 ibadah yang bila dikerjakan di bulan Ramadan maka akan mendapat ganjaran pahala yang berlipat ganda:

1. Memperbanyak sedekah
Sedekah merupakan yang berlipat ganda pahalanya jika dilakukan di bulan Ramadan. Sedekah bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menyumbang uang untuk pembangunan masjid hingga ikut membantu dalam pembangunan masjid.

Di bulan Ramadan ini, hal termudah yang bisa dilakukan untuk bersedekah adalah membantu menyiapkan takjil berbuka bagi umat muslim yang berpuasa di masjid terdekat.

2. Memperbanyak doa dan bacaan Al-quran
Bulan Ramadan merupakan bulan yang suci dimana doa mudah dijawab oleh Allah SWT. Maka dari itu, memperbanyak doa di bulan Ramadan sangat dianjurkan bagi umat muslim.

Selain itu, memperbanyak bacaan Al-Quran juga akan mendapat ganjaran pahala yang berlipat ganda karena di bulan inilah Al-Quran diturunkan ke dunia. Ada baiknya jika membaca 5 hingga 10 lembar setiap harinya dan dilakukan secara konsisten, hingga khatam.

3. Perbanyak Istigfar
Keistimewaan bulan Ramadan salah satunya adalah dibukanya gerbang ampunan untuk kaum Muslimin.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghapus dosa di masa lalu yaitu beristigfar sebanyak mungkin.

Selain istigfar, umat Muslim juga bisa menambahkan lainnya seperti zikir dan doa. Sesungguhnya malam dan siang hari saat Ramadan adalah waktu mulia dan utama.

4. Salat Tarawih
Salat Tarawih adalah ibadah sunah yang dikerjakan hanya pada malam bulan Ramadan.

Mengenai hal ini, dalam salah satu hadisnya Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Sesungguhnya Allah telah menfardukan puasa Ramadan dan Aku telah mensunahkan salat di malam harinya.

Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadan dan salat di malam harinya karena iman dan mengharap pahala dan ridha dari Allah,

Maka, keluarlah dosanya sebagaimana pada hari dia dilahirkan oleh ibunya.” (HR Bukhari, Muslim, Abu Daud dan Tirmidzi).

5. Ibadah Witir
Jika salat Tarawih akan berakhir, maka Witir bisa segera dilaksanakan. Salat Witir hukumnya sunah dan dikerjakan dengan rakaat ganjil.

Dalam sebuah hadis dinyatakan: “Hai para pencita-cita Alquran, kerjakan salat Witir. Karena Allah itu tunggal, Ia suka bilangan yang witir (ganjil).”

Ini dikerjakan selapas salat Isya berjamah dan untuk jumlah 11 sampai 23 rakaat.

Keutamaanya, jika dilakukan secara berjamaah hingga selesai, maka dicatat baginya salat sepanjang malam berlimpah pahala.

Selain itu, Rasulullah SAW juga pernah bersabda:

“Barang siapa yang mengerjakan salat malam di bulan Ramadan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala, maka Allah SWT akan menghapuskan dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari dan Muslim).

Demikian 5 di bulan Ramadan yang bisa dilakukan untuk memperbanyak pahala dan keberkahan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here