Friday, 17 May 2024
HomeBeritaSering Insomnia? Lakukan 4 Cara Ini Agar Bisa Cepat Tidur

Sering Insomnia? Lakukan 4 Cara Ini Agar Bisa Cepat Tidur

Bogordaily.net – Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya merasa , dan berdampak pada kegiatan yang akan dilakukan si penderita keesokan harinya.

Sebagian besar kasus insomnia biasanya terkait dengan kebiasaan kurang tidur, adanya kecemasan atau depresi, pengaruh obat-obatan tertentu, hingga suatu penyakit kronis.

Insomnia harus segera ditangani. Sebab, jika insomnia berlaku pada jangka panjang, maka hal ini dapat berdampak pada kondisi kesehatan.

Dikutip dari Halodoc, berikut 4 cara ampuh agar bisa cepat tidur untuk mencegah insomnia :

1. Hindari Interaksi dengan Alat-alat Elektronik

Cahaya dari ponsel diduga dapat mengakibatkan penurunan hormon melatonin yang membuat waktu tidur kita menjadi terganggu.

Oleh karena itu, cara efektif untuk bisa tidur yang pertama ialah dengan menghindari interaksi dengan alat-alat elektronik sebelum tidur, setidaknya, sekitar 1,5 jam sebelumnya. Hindari juga menyalakan ponsel saat terbangun di tengah malam.

2. Tidak Mengonsumsi Makanan Berlemak Tinggi dan Kopi

Siapa yang memiliki aktivitas minum kopi sebelum tidur? Jika ada, maka mulai sekarang, kamu harus segera menghindari aktivitas tersebut.

Sebab, mengonsumsi minuman tinggi kafein menjelang tidur justru membuatmu akan kesulitan tidur dan malah terjaga sepanjang malam.

Selain itu, hindari juga mengonsumsi makanan berlemak tinggi sebelum tidur. Sebab, hal itu akan membuat tubuh bekerja lebih keras untuk menghancurkan lemak yang malah dapat membuatmu kesulitan tidur.

3. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Karbohidrat dapat membantu meningkatkan hormon trytophan yang dapat membuat tubuh lebih mudah mengantuk.

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat dipercaya dapat membuat tubuh lebih mudah tidur.

Walau begitu, tetaplah ingat untuk mengonsumsinya dalam kadar yang tidak berlebihan. Walau begitu, masih membutuhkan adanya studi lanjutan untuk membuktikan hal ini.

4. Melatih Pernapasan

Cara berikutnya agar bisa cepat tidur adalah dengan melatih pernapasan. Caranya, mulailah menarik napas dari hidung selama empat hitungan.

Kemudian, tahan napas selama tujuh hitungan, dan buang napas perlahan-lahan melalui mulut selama delapan hitungan. Ulangi hal tersebut hingga empat kali.

Apabila kegiatan melatih pernapasan ini dilakukan secara rutin, hal ini dipercaya dapat membuat kamu lebih rileks dan mudah mengantuk.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan kegiatan lain, seperti terapi gelombang otak agar bisa cepat tidur. Pengobatan herbal dengan mengonsumsi daun kratom juga diyakini dapat membantu mengobati masalah tidur.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here