Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaSosok Irma Suryani Chaniago, Anggota DPR yang Usul IDI Dibubarkan

Sosok Irma Suryani Chaniago, Anggota DPR yang Usul IDI Dibubarkan

Bogordaily.net–  mengusulkan pembubaran Ikatan Dokter Indonesia (). Hal ini disampaikan anggota Komisi IX itu dalam Rapat Dengar Pendapat Umum antara Komisi IX dan yang berlangsung, Senin, 4 April 2022.

Usulan Irma dilontarkan karena kekecewaannya dengan rekomendasi pemecatan Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto oleh Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK). Usulan Irma pun menuai sorotan. Berikut ini merupakan profil sebagaimana dilansir dari Suara.com.

Irma Chaniago merupakan politikus yang lahir di Metro Lampung pada 6 Oktober 1965. Ia saat menjabat sebagai Anggota Komisi IX sejak 2014 hingga 2019. Irma dikenal sebagai politisi yang berasal dari Partai Nasional Demokrat atau NasDem.

Irma Chaniago bersekolah di SD Teladan Metro Lampung pada 1974 hingga 1979. Ia kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 3 Palembang pada 1979 hingga 1982. Pada 1982-1985, Irma menempuh pendidikan di SMA Negeri 3 Palembang. Ia kemudian melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta pada 1997 hingga 2001.

Dalam kariernya, Irma tercatat sebagai aktivis buruh. Ia juga pernah dipercaya sebagai Jenderal Serikat Buruh Maritim dan Nelayan Indonesia dan Ketua MPO Serikat Buruh Perkebunan Indonesia.

Ia lalu mulai terjun ke dunia politik dengan bergabung Partai NasDem dan berhasil terpilih menjadi anggota DPR untuk masa jabatan 2014-2019 melalui pemilihan legislatif 2014.

Di , ia ditempatkan di Komisi IX yang membidangi Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kependudukan, dan Kesehatan.

Selain itu, ia juga dipercaya menjabat sebagai pemimpin organisasi sebagai Ketua Umum DPP Garda Wanita Malahayati atau Garnita Malahayati yang diresmikan pada 19 Juli 2011.

Tak hanya itu, Irma pun menjadi Ketua Umum DPP Gerakan Massa Buruh NasDem yang dideklarasian pada tanggal 2 September 2012.

Pada 2021, ia kembali menjadi anggota DPR setelah menggantikan Percha Leanpuri yang meninggal dunia pada 19 Agustus 2021.  Irma sendiri berasal dari Daerah Pemilihan Sumatera Selatan II.

Irma mewakili daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Lahat, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Empat Lawang, Kota Pagar Alam, Kota Prabumulih, dan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here