Wednesday, 8 May 2024
HomeBeritaSosok Syamsuri Firdaus, Qori Asal Indonesia yang Jadi Imam Salat Tarawih di...

Sosok Syamsuri Firdaus, Qori Asal Indonesia yang Jadi Imam Salat Tarawih di Amerika

Bogordaily.net– (23) Juara Musabaqah Tilawatil Qur'an kelas Internasional tahun 2019 di Turki kembali mengharumkan nama Indonesia ini di kancah Internasional. Di bulan Ramadhan 1443 Hijriah ini pria asal Bima, Nusa Tenggara Barat terbang menuju United States Of America (USA) dengan tujuan sebagai imam salat tarawih selama Ramadan. Berikut sebagaimana dilansir Suara.com.

, qori asal Desa Rada Kecamatan Bolo Kabupaten Bima lahir dari keluarga yang kurang mampu. Ayahnya bernama Abdullah. Berkat prestasi yang diraih, ia tidak hanya mengharumkan nama Provinsi NTB, tetapi berhasil mengangkat rasa bangga di keluarganya.

Abdullah menyebutkan bahwa anaknya, Syamsuri, sejak kecil sudah gemar membaca Al-Quran. Kegemaran sejak dini itulah yang ternyata membawa anaknya di kemudian hari menginjakkan kaki ke luar negeri.

“Sudah gemar sejak kecil,” kata Abdul.

pernah menyabet juara 1 MTQ Nasional Tilawah anak pada tahun 2012 di tingkat Provinsi NTB. Baru kemudian pria kelahiran 11 April 1999 lulusan Fakultas Ilmu Bahasa (FIB) Universitas Indonesia (UI) membuat salah satu Qori asal Aceh Darwin Hasibuan saat juara di Istanbul Turki tahun 2019 lalu.

Saat itu Syamsuri meraih juara 1 pada MTQ kelas Internasional ke-7 di Istanbul, Turki tahun 2019 dengan mengalahkan peserta dari 68 negara di dunia.

Melihat anaknya kini sudah berada di USA, Abdullah berharap agar Syamsuri tetap istiqomah dengan Al-Qur'an.

Abdullah juga meminta agar anaknya itu tetap menjaga kesehatan selagi masa menjalani tugas menjadi imam di Masjid IMAAM United States Of America (USA).

Firdaus, sapaan akrabnya, pada Minggu, 3 April 2022 lalu membagikan pengalamannya yang berada di USA untuk menjadi imam tarawih selama bulan suci Ramadan 1443 Hijriah melalui akun Instagram pribadinya.

“Alhamdulillah berkah Alquran. Tahun ini bisa merasakan berkahnya bulan Ramadhan di USA,” tulis Firdaus dalam laman akun Instagram pribadinya @syamsurifir.

“Insya Allah selama bulan suci Ramadhan saya akan memimpin Sholat Tarawih di Masjid IMAAM @imaam.center USA,” katanya.

Masjid IMAAM, kata Syamsuri, merupakan masjid ummat Islam yang dikelola oleh muslimin Indonesia yang lokasinya tepat berada di Ibukota USA yaitu Washington DC.

“Kami akan mengisi kegiatan-kegiatan yang lain seperti mengajar tilawah Al-Qur'an dan safari Haflah Nuzulul Qur'an,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan bahwa seluruh tayangan selama menjadi imam di Masjid IMAAM di Kota Washington DC itu akan ditayangkan secara live melalui channel Youtube Imaam Center.

“Semoga ibadah kita di bulan yang penuh berkah ini dilancarkan, diterima dan kita semua mendapatkan kemenangan di bulan suci Ramadhan yang mubarok ini. Aaamiin ya Rabb,” kata Firdaus.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here