Wednesday, 26 June 2024
HomePolitikSudah Dilantik Jokowi, Ini yang Akan Dilakukan Anggota KPU Jelang Pemilu 2024

Sudah Dilantik Jokowi, Ini yang Akan Dilakukan Anggota KPU Jelang Pemilu 2024

Bogordaily.net–  Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik tujuh Anggota Komisi Pemilihan Umum () periode 2022-2027 di Istana Negara, Selasa, 12 April 2022. Usai dilantik, Anggota Hasyim Asyari menyebut, bakal segera melakukan konsolidasi internal dengan jajaran periode sebelumnya untuk menyiapkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hasyim mengatakan, jajarannya bakal melanjutkan program-program persiapan Pemilu 2024 yang sudah dilakukan oleh anggota periode 2017-2022. Pihaknya juga harus menyiapkan tahapan Pemilu 2024 akan dimulai pada 14 Juni 2022.

“Kami segera melakukan konsolidasi internal untuk mempelajari apa yang sudah disiapkan oleh periode sebelumnya dan kemudian akan kami lakukan diskusi mendalam,” kata Hasyim usai pelantikan seperti yang dikutip Suara.com melalui YouTube Sekretariat Presiden.

Menurut Hasyim, jajaran anggota periode 2022-2027 bakal merangkum hasil diskusi itu menjadi bahan yang bisa dibawa ke dalam rapat dengar pendapat dengan DPR RI, pemerintah dan . Rencananya konsolidasi internal itu bakal dilakukan pada Rabu, 13 April 2022 besok.

Kerja cepat tersebut dilakukannya karena mengingat tidak ada waktu yang lama sampai akhirnya menghadapi tahapan awal Pemilu 2024. Ia pun berharap bisa dengan cepat menetapkan beragam peraturan untuk pesta demokrasi yang diselenggarakan pada 14 Februari 2024.

“Semoga dalam waktu dekat kita dapat menetapkan peraturan tentang tahapan Pemilu 2024 dalam rangka untuk memastikan bahwa penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 akan berjalan sesuai dengan rencana jadwal yang telah ditentukan,” jelasnya.

Selanjutnya, Hasyim juga meminta dukungan kepada seluruh elemen masyarakat terhadap jajaran anyar untuk bisa menggelar Pemilu 2024 secara demokratis, transparan, akuntabel, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Dengan teriring doa semoga kita semua terutama kami diberikan kekuatan diberikan kesehatan diberikan kesabaran dalam menjalankan tugas-tugas,” sambungnya.

Selain Hasyim, terdapat enam anggota KPU lainnya yang juga resmi dilantik Jokowi. Mereka adalah Betty Epsilon Idroos, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here