Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaSulit Buang Air Besar? Yuk, Konsumsi 5 Makanan Ini

Sulit Buang Air Besar? Yuk, Konsumsi 5 Makanan Ini

Bogordaily.net–  Masalah perut salah satunya sulit alias BAB, bisa disebabkan karea perubahan jam makan di bulan Ramadan. Jika ini terjadi, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Pertama, pastikan asupan air Anda cukup sesuai dengan berat badan, kurang lebih 2-3 liter perhari. Kedua, masukkan menu makanan ini dalam menu sahur dan berbuka. Dirangkum dari Suara.com, beberapa jenis makanan ini diketahui baik untuk usus dan pencernaan, dan bisa membuat Anda lancar BAB.

Yogurt

Dikutip dari Eatingwell, yogurt merupakan makanan yang mengandung banyak probiotik. Penelitian membuktikan, konsumsi probiotik bisa membantu menjaga usus dan saluran cerna sehingga bisa mengatasi masalah sulit .

Ubi Jalar

Konsumsi ubi jalar, baik itu direbus, dipanggang, maupun dipotong tipis dan dijadikan keripik, bisa membantu menjaga usus. Ubi jalar mengandung serat yang sangat tinggi yang membantu fungsi usus mencerna makanan.

Buah apel

Satu buah apel sehari menjauhkan Anda dari risiko masalah pencernaan. Apel merupakan buah dengan kandungan serat yang tinggi. Apel juga mengandung pektin, senyawa yang membantu proses penyerapan zat gizi dan nutrisi di dalam usus.

Sayuran hijau

Dilansir Alodokter, sayuran hijau, seperti bayam, kubis, dan brokoli, merupakan makanan tinggi serat yang baik untuk dikonsumsi saat Anda mengalami sembelit. Serat yang terkandung dalam sayuran hijau dapat menambah volume dan melunakkan tinja, sehingga tinja lebih mudah dikeluarkan dari usus.

Buah kiwi

Studi menyebutkan bahwa mengonsumsi 2 buah kiwi setiap hari selama empat minggu dapat menghasilkan pergerakan usus yang lebih cepat dan spontan. Tak hanya itu, kandungan serat dan enzim dalam kiwi juga dapat melunakkan tinja dan meningkatkan gerakan usus, sehingga BAB menjadi lebih mudah dan lancar.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here