Monday, 13 May 2024
HomeBeritaSunnah-Sunnah yang Dapat Diamalkan Menjelang Berbuka Puasa

Sunnah-Sunnah yang Dapat Diamalkan Menjelang Berbuka Puasa

Bogordaily.net tidak hanya menahan lapar dan dahaga, tetapi juga menahan diri untuk menjauhi larangan. Agar menikmati waktu saat semakin berkah, ada beberapa sunnah-sunnah yang dapat diamalkan ketika menjelang berbuka.

Tiap waktu dibulan Ramadhan mempunyai keutamaannya masing-masing. Puncak keistimewaannya terdapat pada waktu berbuka.

Adapun sunnah-sunnah yang dapat dilakukan ketika berbuka. Pertama, segerakan berbuka. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka” (HR Bukhari Muslim).

Kedua, membaca doa ketika berbuka. Membaca doa sebelum buka Ramadhan, akan mendatangkan keberkahan yang melimpah sepanjang bulan Ramadhan. Sunnah yang ketiga adalah berbuka dengan kurma dan air putih.

Sebagaimana kebiasaan Rasulullah yang dituangkan dalam hadist:

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka dengan kurma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan kurma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air.” (HR. Ahmad, Abu Dawud).

Berikutnya, sebagai umat muslim yang berpuasa disunnahkan berbuka secukupnya, tidak berlebihan. Serta dianjurkan untuk membagikan makanan kepada orang yang berpuasa lainnya. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist riwayat Tirmidzi berikut.

Rasulullah SAW bersabda, “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”

Sunnah buka terakhir adalah memperbanyak doa. Sebab seperti yang dijelaskan sebelumnya, waktu berbuka adalah waktu mustajab dikabulkannya doa.

Hal ini sesuai dengan hadist hasan yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Ibdu Majah, dan Ahmad, yang berbunyi:

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Tiga orang yang doanya tidak tertolak: pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai ia berbuka, dan doa orang yang terzalimi,

Allah akan mengangkatnya di bawah naungan awan pada hari kiamat, pintu-pintu langit akan dibukakan untuknya seraya berfirman: Demi keagungan-Ku, sungguh Aku akan menolongmu meski setelah beberapa saat.”

Demikian sunnah-sunnah yang dapat diamalkan ketika . Semoga bermanfaat. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here