Monday, 29 April 2024
HomeBeritaTak Hanya Gelora Bung Karno! Indonesia Punya Sarana Olahraga Terbesar, Namun...

Tak Hanya Gelora Bung Karno! Indonesia Punya Sarana Olahraga Terbesar, Namun…

Bogordaily.net – Banyak di Indonesia yang proses pembangunannya memakan budget besar. Namun, Proyek pembangunan secara besar-besaran terjadi di sejumlah daerah di Indonesia ini, diantaranya justru mangkrak atau terbengkalai.

Sejumlah venue olahraga di Indonesia mangkrak selama bertahun-tahun dengan berbagai alasan, mulai dari persoalan dana, politik, hingga kasus korupsi.

Akibatnya, fasilitas yang dipersiapkan untuk masyarakat dan peningkatan prestasi olahraga Indonesia itu tidak bisa digunakan, bahkan sebagian sudah ada yang hancur.

Berikut daftar uang mangkrak di Indonesia:

1. Wisma Atlet Hambalang

Berbicara proyek pembangunan yang mangkrak, mungkin akan langsung tertuju pada kasus Wisma Atlet Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Proyek kompleks olahraga yang bernilai hingga Rp 2,5 triliun itu mangkrak selama bertahun-tahun. Kini, Wisma Atlet Hambalang lebih terlihat seperti benteng peninggalan sejarah yang hancur tak terawat.

Proyek ini dimulai pada 2010, lalu dihentikan pada 2011 setelahnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengendus praktik korupsi dalam proses pembangunannya.

Tapi, pada 2021 lalu, proyek yang mangkrak ini rencananya akan kembali dilanjutkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

2. Barombong


Barombong, terletak di Makassar. ini juga menjadi salah satu yang tak kunjung selesai dibangun. Padahal, Barombong sudah mulai dibangun pada tahun 2011.

Sudah 11 tahun lamanya Barombong tak kunjung selesai. Bahkan beberapa bagian tribune stadion sudah ambruk karena tak terurus.

Wali Kota Makassar sempat mencoba untuk melanjutkan pembangunan Stadion Barombong namun kandas karena Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman menyarankan agar anggaran difokuskan pada pembangunan Stadion Mattoangin.

3. Stadion Palaran

Stadion Utama Palaran, berada di Samarinda.  Kemegahannya sangat dibanggakan masyarakat Kalimantan Timur, kini kondisinya memprihatinkan.

Stadion tersebut pertama kali digunakan saat pergelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2008 lalu. Namun, setelah selesai PON  fasilitas stadion tidak terawat. Akibatnya, sejumlah fasilitas di stadion yang dibangun dengan anggaran hampir Rp3 triliun itu rusak parah.

4. Wisma Atlet di Sidoarjo

Pembangunan Wisma Atlet di Sidoarjo juga mangkrak karena kasus dugaan korupsi. Proyek pembangunan Wisma Atlet ini dimulai pada 2019 dengan anggaran senilai Rp13,4 miliar.

Namun, proyek pembangunan tidak bisa dilanjutkan karena kasus korupsi. Kini kondisi Wisma Atlet di Sidoarjo pun semakin terbengkalai

Sempat diwacanakan pembangunan akan dilanjutkan pada 2021, namun batal karena refocusing anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19. Akibatnya, proyek wisma atlet di Sidoarjo kembali tidak ada kejelasan sampai sekarang.

Itulah tadi 4 stadion olaharaga yang berada di Indonesia yang mangkrak dan tidak terselesaikan proses pembangunannya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here