Friday, 3 May 2024
HomeBeritaWaspada! Ini 5 Tanda Sistem Kekebalan Tubuh Lemah

Waspada! Ini 5 Tanda Sistem Kekebalan Tubuh Lemah

Bogordaily.net– Sistem yang kuat menjadi salah satu cara untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Jika lemah maka bisa membuat kuman lebih mudah menyerang tubuh dan menempatkan tubuh kita pada infeksi yang disebabkan oleh sejumlah kuman dan patogen.

Kondisi ini membuat kuman lebih mudah tumbuh dan berkembang biak di dalam tubuh. Maka dari itu, dilansir Suara.com dari Times of India, seseorang harus waspada terhadap tanda-tanda sistem yang lemah dan menjaga tubuh tetap siap menghadapi serangan patogen.

Iritabilitas terus-menerus

Tubuh yang sehat akan memiliki pikiran yang tenang. Ketika sedang tidak sehat, itu pasti akan berdampak pada mental. Selain itu, iritabilitas tertentu mungkin menjadi konsekuensi dari infeksi patogen yang gejalanya tidak terlihat. Karena itu, jika Anda terus-menerus mengalami iritasi dan kelelahan mental, konsultasikan dengan dokter dan melakukan pemeriksaan.

Lesu

Lesu adalah tanda serius lain dari sistem kekebalan yang lemah. Karena, tubuh Anda selalu terus-menerus melawan serangan asing, reaksi di dalam tubuh harus menghambat tingkat energi Anda. Reaksi sistem terhadap patogen menghabiskan energi tubuh dan Anda juga akan merasa lelah meskipun sudah tertidur.

Luka sembuh lebih lama

Sistem yang lemah juga bisa membuat luka Anda lebih lama untuk sembuh, karena tidak bisa beregenerasi dan sembuh. Proses penyembuhan suatu tubuh tergantung pada kekebalan. Karena, semakin kuat kekealannya, semakin cepat respons tubuh terhadap penyembuhannya.

Rentan terkena flu

Hal yang wajar bila orang dewasa terkena flu biasa 2-3 kali setahun. Namun, flu yang menyerang tubuh lebih dari itu bisa menandakan sistem Anda lemah. Orang dengan sistem kekebalan yang lemah mudah dan akan sering terkena flu. Orang-orang ini cenderung mudah sakit.

Luka dingin dan herpes zoster

Luka dingin juga bisa menjadi akibat dari infeksi. Jika itu terjadi atau tidak bisa sembuh sendiri, Anda harus tahu bahwa sistem Anda perlu diperhatikan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here