Thursday, 4 July 2024
HomeNasionalTata Cara Membayar Zakat Fitrah, Berapa Yang Harus Dikeluarkan?

Tata Cara Membayar Zakat Fitrah, Berapa Yang Harus Dikeluarkan?

Bogordaily.net – Tata Cara membayar zakat sudah diatur dalam Islam. Sehingga, bisa dihitung berapa besaran zakat yang harus dikeluarkan oleh Anda.

Membayar Zakat merupakan kewajban umat muslim di bulan suci Ramadan. Cara membayar zakat fitrah itu tidak ada dualisme, semuanya seragam.

Tata Cara membayar zakat berbeda dengan zakat harta benda atau zakat yang lainnya. Orang yang ada di dalam keluarga wajib mengeluarkan zakat fitrah. Jadi zakat fitrah dibayarken sesuai dengan jumlah jiwanya.

Jika Anda keluarga besar maka kewajiban zakat yang harus dibayarkan tentu akan besar juga.

Maksud Zakat fitrah adalah berbaga dengan sesama, bentuk dari kepedulian terhadap warga kurang mampu sehingga bisa bersama-sama merayakan Idul Fitri.

Zakat fitrah umumnya dibayarkan umat muslim selama bulan Ramadan saat menjelang Idul Fitri bahkan ada juga yang dibayarkan sebelum salat Idul Fitri.

Besaran zakat fitrah setiap orang adalah satu sha’ atau setara dengan 3,5 liter atau sekitar 2,5 kg makanan pokok.

Zakat ini bisa berupa beras, gandum, dan sejenisnya sesuai dengan daerah yang bersangkutan. Zakat fitrah juga bisa diganti dengan uang, namun harus setara dengan harga makanan pokok sesuai besaran zakat tersebut.

Cara Penghitungan

Dilansir dari laman resmi BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional), besaran zakat fitrah yang harus ditunaikan adalah beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa. Besaran tersebut harus sesuai dengan kuantitas beras atau makanan pokok yang kita konsumsi sehari-hari.

Jika dikonversikan dalam bentuk uang, BAZNAS menetapkan 1 sha’ (3,5 liter/2,5 kg) nilainya sebesar Rp 40.000.

Sebagai contoh, dalam sebuah keluarga yang terdiri dari dua orang tua dan tiga orang anak atau lima anggota keluarga. Maka, zakat fitrah yang dibayarkan adalah 5 kali Rp 40.000, yaitu Rp 200.000.

Pembayaran Konvensional

Niat bayar zakat fitrah terbagi berdasarkan masing-masing orang yang akan menunaikannya. Dalam pembayarannya, zakat fitrah boleh diwakilkan bagi anak-anak kecil yang belum mengerti tentang hal ini.

Biasanya orang tua akan mewakili anak-anaknya yang belum mengerti soal kewajiban zakat fitrah. Banyak juga yang membayarkan zakat fitrah sekaligus mewakili satu keluarga untuk menunaikan kewajiban seluruh keluarga.

Dalam menunaikannya, zakat fitrah bisa diberikan ke daerah terdekat terlebih dulu. Seperti menyerahkannya ke masjid atau musala terdekat, bisa juga melalui lembaga amil zakat yang resmi.

Seiring berkembangnya teknologi digital, zakat fitrah juga bisa dibayarkan secara online. Terlebih karena situasi pandemi dalam dua tahun terakhir ini, tren bayar zakat secara digital semakin meningkat.

Melalui akses digital pembayaran zakat fitrah jadi semakin simpel. Banyak platform serta e-commerce yang menyediakan channel khusus untuk pembayaran zakat digital. Seperti dompet digital DANA yang menyediakan layanan pembayaran zakat lewat fitur Dompet Dhuafa di aplikasi DANA & layanan donasi lewat fitur DANA Donasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here