Saturday, 5 October 2024
HomeBerita5 Ciri-ciri Telur Segar yang Layak Dikonsumsi

5 Ciri-ciri Telur Segar yang Layak Dikonsumsi

Bogordaily.net – Telur merupakan salah satu protein hewani yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Sebelum mengelola atau membelinya, Anda harus tau ciri-ciri telur segar yang layak dikonsumsi.

Jika salah dalam memilih, tidak menutup kemungkinan Anda bisa mendapatkan telur dengan kualitas kurang baik atau busuk.

Berikut 5 ciri-ciri telur segar yang layak dikonsumsi :

1. Memiliki Bobot yang Lebih Berat

Telur bagus memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengan telur busuk. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi cangkang telur cenderung tebal dan kuat dibandingkan dengan cangkang telur busuk.

Cangkang telur yang busuk biasanya cenderung lebih tipis sehingga membuat bakteri lebih mudah masuk, dan mengakibatkan isi telur menguap sehingga bobotnya lebih ringan.

2. Tidak Beraroma

Hal yang paling menonjol pada telur yang masih segar adalah tidak memiliki aroma atau netral. Berbeda dengan telur busuk yang mengeluarkan aroma menyengat.

3. Tenggelam di Air

Ciri-ciri telur yang layak dikonsumsi selanjutnya adalah telur akan tenggelam jika diletakkan di dalam air. Hal ini dikarenakan telur memiliki bobot yang lebih berat.

Berbeda halnya dengan telur busuk, ia akan mengapung diatas air sebab memiliki bobot yang cukup ringan karena lapisan cangkangnya yang sudah menipis.

4. Gunakan Senter atau Lampu

Cara lainnya adalah dengan menggunakan lampu atau senter. Sorot telur menggunakan lampu atau senter, jika bagian dalamnya masih berwarna terang, maka telur tersebut masih segar dan bisa dikonsumsi. Namun, jika telur tersebut berwarna keruh, maka telur tersebut sudah dalam kondisi rusak atau busuk.

5. Kuning Telur Menempel Pada Bagian Putih

Untuk memastikan telur dalam kondisi segar, Anda bisa memecahkan satu telur. Umumnya telur yang segar kuningnya tetap akan bulat dan menempel pada putih telur.

Jika Anda membuka telur, kemudian kondisi kuning telur sudah tidak utuh, maka kemungkinan telur tersebut sudah rusak atau busuk.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here