Tuesday, 21 May 2024
HomeBeritaTetap Kenyang Tanpa Takut Berat Badan Naik, Berikut 7 Menu Buka Puasa...

Tetap Kenyang Tanpa Takut Berat Badan Naik, Berikut 7 Menu Buka Puasa untuk Diet

Bogordaily.net–  Bagi yang sedang menjalankan program puasa tidak menjadi penghalang. Meski demikian, tentu saja yang disantap harus disesuaikan agar kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak melebihi kebutuhan. Lalu, apa saja menu buka puasa untuk yang aman? Dirangkum dari Suara.com, berikut beberapa rekomendasi menu buka puasa untuk .

Buah Kurma dan Teh

Laman honestdocs menyebut satu buah kurma mengandung 20 gram kalori, 5,3 gram karbohidrat, 1 sendok teh gula, dan serat. Maka, tiga kurma bisa menjadi salah satu opsi buka puasa bagi seseorang yang sedang menjalankan . Sementara itu, teh manis sebaiknya Anda konsumsi tepat setelah mendengar adzan untuk mengembalikan enrgi tubuh yang hilang.

Sup

Salah satu kunci sukses adalah dengan menghindari makanan tinggi lemak, termasuk makanan yang digoreng. Sebagai pengganti, Anda bisa memilih sup sebagai makanan untuk berbuka. Selain itu, hindari sup yang dibuat dengan santan atau susu. Cobalah membuat sup sayuran yang berkuah bening. Kuah sup yang hangat juga sangat bagus untuk lambung setelah tidak diisi seharian.

Kentang Rebus

Menu buka puasa untuk selanjutnya adalah kentang rebus. Umbi-umbian satu ini memiliki kandungan kalsium tinggi yang berperan penting dalam menjaga tekanan darah. Pada skala yang disebut Safety Index, kentang juga memiliki nilai tertinggi penghasil rasa kenyang dibanding semua makanan yang diuji.

Nasi Merah

Nasi merah memang sudah dikenal sebagai pengganti karbohidrat nasi putih yang baik saat . Ditambah lagi, nasi merah memiliki kandungan serat, protein, dan antioksidan yang lebih tinggi. Sebuah studi oleh Asian-Australasian Journal of Animal Sciences menyebut, nasi merah terbukti efektif melawan radikal bebas dengan flavonoidnya.

Telur

Sebuah studi terhadap 30 wanita dengan berat badan berlebih menunjukkan bahwa mengonsumsi telur saat sarapan dapat meningkatkan rasa kenyang. Selain itu, partisipan bisa makan lebih sedikit bahkan setelah 36 jam. Telur juga dikenal dengan kandungan protein dan lemaknya yang tinggi sehingga bisa membuat Anda merasa cepat kenyang. Namun, untuk menghindari kadar kolesterol jahat, sebaiknya konsumsi telur rebus.

Salad Sayur

Menu buka pasa untuk selanjutnya adalah salad sayur. Meski hanya mengandung sedikit kalori, salad sayur memiliki kandungan mineral, vitamin, serat, dan nutrisi tinggi yang dibutuhkan tubuh. Salad sayur bisa dipilih sebagai menu pembuka yang tepat supaya Anda makan lebih sedikit nantinya.

Sate Dada Ayam

Dibanding paha, dada ayam memiliki kandungan lemak yang lebih rendah sehingga lebih baik untuk dikonsumsi saat . Diketahui, pada 172 gram dada ayam mengandung 284 kalori dengan 53 gram protein. Jumlah ini sudah dapat memenuhi kebutuhan lemak dan protein yang dibutuhkan tubuh saat buka puasa.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here