Wednesday, 12 June 2024
HomeKulinerTips Gorengan Renyah Tahan Lama Ala Abang Gorengan

Tips Gorengan Renyah Tahan Lama Ala Abang Gorengan

Bogordaily.net menjadi menu buka puasa yang paling diminati saat ramadhan. Namun, yang renyah tahan lama jarang ditemui. Etss, jangan khawatir lakukan tips renyah ini agar bertahan lama.

renyah tahan lama tidak hanya bisa dibeli di pedagang , karena dengan cita rasa tersebut juga bisa dibuat dirumah untuk buka puasa.

Hasilnya pun tidak diragukan lagi dan lebih nikmat karena memiliki tekstur renyah tahan lama yang tentunya cocok untuk buka puasa.

Berikut 5 tips untuk membuat yang renyah tahan lama.

1. Iris bahan mentah tipis-tipis

Bahan-bahan mentah seperti tempe, tahu, dan pisang sebaiknya diiris tipis-tipis. Sedangkan untuk bakwan tidak perlu tebal-tebal saat mencetaknya. Dengan upaya ini, bisa lebih cepat matang secara menyeluruh dan renyah tahan lama.

2. Kombinasikan tepung beras dengan soda kue

Tepung terigu lebih banyak ditemukan untuk membuat , namun sayangnya tepung jenis ini kurang bisa menghasilkan gorengan yang renyah tahan lama.

Tepung beras dapat diandalkan dengan komposisi 3:1, yakni tiga bagian tepung terigu dan satu bagian tepung beras.

Tepung beras juga bisa dicampur dengan soda kue agar gorengan lebih renyah. Namun perlu dipastikan adonan tersebut dicampur dengan air es atau bisa juga dengan air biasa.

3. Jangan terlalu banyak menggoreng dalam wajan
Mayoritas orang menggoreng gorengan dalam jumlah cukup banyak dalam satu wajan. Ternyata hal ini dapat membuat gorengan lembek saat ditiriskan. Dengan begitu, pastikan menggorengnya secara bertahap agar gorengan lebih matang merata dan renyah tahan lama.

4. Gunakan suhu minyak lebih panas
Minyak dalam wajan untuk menggoreng sebaiknya berjumlah banyak dan pastikan sudah mencapai titik asap yang tinggi. Selain itu, tunggu minyak goreng mencapai suhu 162 hingga 204 celcius.

Untuk mengetahui suhu minyak goreng sudah mencapai rentang tersebut, bisa menggunakan alat bermaterial kayu yang dicelupkan ke dalam minyak panas. Setelah itu, gelembung akan muncul yang menandakan adonan siap digoreng.

5. Tiriskan minyak
Setelah gorengan matang sebaiknya tiriskan segera agar minyak yang masih melekat pada gorengan bisa cepat turun. Jangan biarkan minyak tersebut membuat gorengan lembek dan tidak renyah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here