Wednesday, 1 May 2024
HomeBeritaTurki Tutup Seluruh Penerbangan Udara Rusia ke Suriah

Turki Tutup Seluruh Penerbangan Udara Rusia ke Suriah

Bogordaily.net – Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan bahwa, Turki telah menutup wilayah udaranya untuk penerbangan udara khusus militer dan sipil ke Suriah.

“Kami menutup penerbangan udara untuk pesawat militer , dan bahkan pesawat sipil yang terbang menuju Suriah. Mereka memiliki waktu hingga April, dan kami sudah mengabarkannya pada bulan Maret,” ujar Cavusoglu, dikutip dari Rmol, Senin 25 April 2022.

Larangan itu akan berlaku selama tiga bulan. Ini dipandang sebagai sikap terberat Ankara melawan setelah invasinya ke .

Cavusoglu mengatakan keputusan tersebut telah disampaikan kepada Presiden , Vladimir Putin melalui telpon dengan Presiden Turki, Reccep Tayyip Erdogan.

“Satu atau dua hari kemudian, mereka mengatakan: Putin telah mengeluarkan perintah, kami tidak akan terbang lagi (menuju Suriah lewat Turki),” tambahnya.

Ketika menginvasi , Ankara bergabung dengan sekutu NATO dalam mengecamnya. Turki juga membatasi akses melalui selat Bosporus untuk kapal angkatan laut .

Tetapi pemerintah Turki telah menahan diri untuk tidak bergabung dengan sanksi karena takut akan pembalasan.

memenuhi sekitar setengah dari permintaan Turki untuk gas alam, memberikan pengaruh besar atas pemerintah di Ankara.

Kedua negara juga terkunci dalam perselisihan sengit di Suriah. Ribuan tentara Turki dikerahkan di sekitar provinsi Idlib yang dikuasai pemberontak, rentan terhadap serangan oleh pasukan pemerintah yang didukung oleh .***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here