Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaUbah Kebiasaan Merokok Saat Puasa, 5 Tips Ini Bisa Dicoba

Ubah Kebiasaan Merokok Saat Puasa, 5 Tips Ini Bisa Dicoba

Bogordaily.net– Merokok menjadi tantangan saat berpuasa, mulai dari mulut terasa asam, tenggorokan gatal, dan banyak lainnya. Hal tersebut terkadang menggagalkan usaha dan niat yang dibangun untuk berhenti merokok.

Padahal, mereka sudah sangat mengetahui jika merokok jelas berbahaya bagi kesehatan tubuh dan pastinya membatalkan .

Dikutip dari Halodoc pada Sabtu, 16 April 2022, berpuasa menjadi salah satu cara tepat berhenti merokok. Namun, bagi seseorang yang sudah ketergantungan dengan nikotin, awal berpuasa menjadi hal yang sangat sulit. Mereka cenderung mudah tersinggung, gelisah, sulit berkonsentrasi, dan mudah marah akibat tidak merokok seharian.

Mengapa Perlu Berhenti Merokok Saat Berpuasa?

Bulan Ramadan menjadi waktu yang paling tepat untuk kamu mencoba berhenti merokok. Mengapa demikian? Saat berpuasa, tubuh mengalami detoksifikasi atau proses pengeluaran racun ke luar tubuh. Proses ini diikuti oleh meningkatkan fungsi dan kinerja organ-organ tubuh, termasuk pengeluaran nikotin.

Inilah alasannya mengapa berhenti merokok sangat tepat saat . Langsung berhenti merokok memang hal yang tidak mungkin dilakukan. Kamu harus mencobanya pelan-pelan secara bertahap. Lantas, bagaimana tips menghilangkan kebiasaan merokok ?

saat

Berhenti merokok menjadi salah satu langkah tepat untuk meningkatkan kesehatan fungsi organ paru-paru. Saat berhenti merokok, paru-paru memiliki kesempatan untuk memperbaiki, sehingga kamu akan bernapas lebih mudah. Tidak ada kata terlambat, berikut ini :

1. Hindari Pemicunya

Dorongan merokok sangat tinggi ketika kamu berada di situasi dan lingkungan tertentu, seperti saat berada di pesta atau bar. Selain itu, saat sedang stres atau mengonsumsi kopi menjadi pemicu seseorang ingin merokok. Jadi, sebaiknya hindari sejumlah keadaan tersebut ya.

2. Menunda untuk Merokok

Jika memiliki hasrat ingin merokok yang tinggi, kamu bisa mengatakan pada diri sendiri kalau harus menunggu 10 menit lagi. Dalam jangka waktu tersebut, kamu bisa mengalihkan perhatian dengan melakukan kesibukan. Tips ini cukup ampuh untuk menggagalkan keinginan merokok yang tinggi.

3. Mengunyah Permen Karet

Alih-alih mengopi, sebaiknya kunyah permen karet saja setelah berbuka untuk menghindari atau menurunkan keinginan merokok. Selain permen karet, kamu juga bisa mengonsumsi camilan sehat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, wortel, dan lain-lain.

4. Hindari Keinginan Meski Hanya Satu Batang

Seseorang yang ingin berhenti merokok mungkin tergoda meski hanya ingin menghisap satu batang saja untuk memenuhi hasratnya. Namun, sebaiknya hal tersebut tidak dilakukan, karena sekali mencoba kamu akan sulit untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Jika sudah berniat, sebaiknya lakukan dengan sepenuh hati.

5. Berolahraga

Berolahraga bisa jadi yang terakhir. Bukan hanya membuat tubuh lebih sehat dan bugar saat berpuasa, olahraga juga dapat mengurangi kecanduan nikotin. Jadi, saat keinginan merokok datang, alihkan hasrat tersebut dengan melakukan olahraga dalam intensitas ringan hingga sedang.

Nah, itu beberapa tips menghilangkan kebiasaan merokok yang bisa dilakukan saat berpuasa. Jika sejumlah langkah tersebut tidak ampuh, disarankan  agar menemui dokter di rumah sakit terdekat untuk melakukan langkah perawatan, seperti terapi.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here