Saturday, 11 May 2024
HomeBeritaWHO Akan Memasok Ribuan Obat HIV ke Ukraina

WHO Akan Memasok Ribuan Obat HIV ke Ukraina

Bogordaily.net – Invasi Rusia ke Ukraina, ternyata berdampak pada pengendalian HIV yang dianggap sudah lebih baik beberapa tahun belakangan ini. Organisasi Kesehatan Dunia () bakal memasok ribuan dosis antiretroviral untuk pasien HIV di Ukraina selama 12 bulan ke depan.

Bulan lalu, badan PBB untuk HIV-AIDS memperingatkan bahwa persediaan untuk pasien HIV di Ukraina hanya cukup untuk waktu kurang dari sebulan. Tercatat, Ukraina memiliki sekitar 260 ribu orang yang hidup dengan HIV. Angka tersebut merupakan jumlah terbesar kedua di Eropa setelah Rusia.

“Perang ini berpotensi merusak kemajuan yang diperoleh dengan susah payah beberapa tahun terakhir pada sejumlah masalah kesehatan, termasuk HIV. Kami tidak bisa membiarkan itu terjadi ketika Ukraina mulai menyampingkan HIV,” kata Direktur Regional untuk Eropa, Hans kata Henri P. Kluge, dikutip dari Reuters, Rabu (6/4).

Sebanyak 219.000 paket antiretroviral generik TLD rencananya akan disediakan bersama Rencana Darurat Presiden Amerika Serikat untuk Bantuan AIDS (PEPFAR), pihak berwenang Ukraina.

Meskipun hingga kini tidak ada untuk HIV, antiretroviral diandalkan untuk mengendalikan virus dan mencegah penularan seksual ke orang lain. Setiap gangguan dalam pengobatan dapat menyebabkan komplikasi serius, termasuk resistensi .

menyebut, gelombang pertama distribusi obat HIV telah melintasi perbatasan Polandia ke Ukraina dan akan diangkut ke fasilitas layanan HIV di seluruh wilayah Ukraina.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here