Sunday, 5 May 2024
HomeTravellingWisata Pukau Kalong Sensasi Senja Bersama Ribuan Kelelawar

Wisata Pukau Kalong Sensasi Senja Bersama Ribuan Kelelawar

Bogordaily.net bukan cuma soal Komodo. Sejumlah pulau kecil di sekitarnya juga menyimpan pesona keindahan. Salah satu pulau yang wajib di kunjungi yakni Pulau Kalong .

Dari namanya saja, pasti Anda sudah tahu jika pulau ini merupakan tempat berkumpulnya para kalong alias kelelawar. Ya, benar sekali! Inilah salah satu habitat hewan nocturnal yang kerap disapa Batman di kawasan ini. Ada ratusan bahkan mungkin ribuan kelelawar yang tinggal di sini dan baru mulai aktif saat mentari kembali ke peraduannya.

Apa sih yang membuat pulau ini wajib dikunjungi selama berada di dan Taman Nasional Komodo? Tentu saja karena adanya aktraksi alam berupa terbangnya puluhan hingga ratusan kelelawar saat senja atau matahari terbenam.

 

Perpaduan langit senja dengan rona semburat jingga, panorama laut dan pulau-pulau sekelilingnya, ditambah dengan rombongan kelelawar yang beterbangan membuatnya terlihat begitu menakjubkan. Kita akan dibuat terpukau oleh fenomena pesta alam yang luar biasa ini.

Dengan keindahan yang ditawarkan oleh Pulau Kalong, maka tak heran jika banyak agen trip yang menjadikan pulau ini sebagai destinasi wajib kala berada di dan NTT.

Secara administratif, pulau ini masuk dalam area Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kalong berlokasi tak jauh dari dan bisa ditempuh dengan menggunakan kapal selama kurang lebih 1 jam lamanya.

Harga Tiket Masuk Pulau Kalong
Sebenarnya tidak ada biaya khusus untuk mengunjungi Pulau Kalong . Anda hanya perlu menyiapkan biaya untuk menyewa kapal atau perahu guna mengunjungi pulau ini. Biasanya, biayanya cukup mahal bahkan mencapai jutaan rupiah.

Jam Operasional Pulau Kalong Labuan Bajo
Tidak ada jam operasional tertentu di tempat ini. Namun, waktu terbaik mengunjungi Pulau Kalong adalah sore hari agar Anda bisa menyaksikan kelelawar sekaligus menikmati keindahan panorama matahari terbenam di sana. Usahakan datang di atas jam 4 sore hingga pukul setengah 7 petang.

Siang hari tidak direkomendasikan sebagai waktu kunjungan ke pulau ini karena para kelelawar sudah kembali ke peraduannya dan Anda tak bisa menyaksikan kelelawar terbang di langit. Sayang sekali kan?

Menyaksikan matahari terbenam alias sunset di Pulau Kalong Labuan Bajo adalah sebuah kewajiban kala berwisata di wilayah ini. Panorama sunset di sini begitu memukau.

Perpaduan warna langit yang jingga, pulau-pulau kecil di sekelilingnya, lautan luas, dan tentu saja ratusan kelelawar yang beterbangan. Semuanya menghadirkan kesan magis yang membius setiap mata insan manusia kala berada di sini.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here