Sunday, 26 May 2024
HomeTravellingWisata Taman Bumi Silokek, Lembah Tersembuyi di Sumatera Barat

Wisata Taman Bumi Silokek, Lembah Tersembuyi di Sumatera Barat

Bogordaily.net – Sumatra Barat yang Sebagian besar wilayahnya dilalui oleh deretan bukit barisan dan berada di dataran tinggi membuat provinsi ini kaya akan hal keindahan alamnya. Pesona tempat atau kabupaten lain di Sumatra Barat tentunya tidak kalah indahnya dibanding lokasi yang sudah terkenal sedari dahulu. Seperti salah satunya .

Taman Bumi (Geopark) Silokek merupakan sebuah lembah yang diapit oleh perbukitan karst. Perbukitan karst sendiri merupakan warisan geologi yang terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu.

Lembah yang diapit oleh perbukitan karst tersebut juga mengalir sebuah sungai yang dinamakan dengan sungai Batang Palangki. Di ini banyak ditemui vegetasi yang masih sangat alami, pepohonan yang rimbun, rumah bagi hewan endemic Sumatra seperti burung enggang yang dapat kita lihat beterbangan di bibir tebing karst.

Selain itu dalam kawasan Geopark Silokek ini terdapat juga beberapa goa dan air terjun serta terdapat juga perkampungan penduduk yang memiliki kearifan lokal yang masih sangat terjaga dengan baik. Yang paling membuat kita takjub dari geopark ini yakni ternyata dahulu sepanjang kawasan ini pernah ada rel kereta api yang menghubungkan Sumatra Barat dengan Riau di masa penjajahan, namun karena penjajahan Jepang sudah angkat kaki ketika itu maka kelanjutan jalur rel tersebut juga terhenti.

Berkunjung ke Geopark Silokek ini hanya bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau sepeda motor karena tidak adanya angkutan umum yang melintas. Kondisi pengemudi beserta kendaraannya juga haruslah dalam keadaan sehat sebab jalur yang dilalui banyak tikungan serta tanjakan. Kalau berangkat dari Kota Padang maka waktu tempuh normal lebih kurang 3 hingga 4 jam, sedangkan kalau berangkat dari ibu kota Kabupaten Sijunjung, Muaro Sijunjung, dapat ditempuh dalam waktu 30 Menit. Dengan perjalanan yang cukup jauh dari Kota Padang tentunya pengunjung akan mencari penginapan untuk dapat beristirahat, namun di sekitar kawasan Geopark Silokek ini tidak terdapat penginapan.

Untuk menyiasati hal tersebut pengunjung dapat istirahat dulu di Kota Sawahlunto yang memiliki jarak yang tidak terlalu jauh dari Geopark Silokek tersebut. Di sini banyak dijumpai hotel dan homestay di antaranya Inna Obillin Heritage Hotel dengan tarif berkisar Rp 400.000 per malamnya atau juga dapat memilih homestay Balqis berkisar Rp200.000–Rp300.000 per malamnya.

Jikalau menginap di sini tentunya pengunjung juga akan dapat menikmati pesona kota-kota peninggalan penjajahan Belanda terlebih dahulu sebelum lanjut mengeksplorasi .Saat ini belum terdapat pusat oleh-oleh di kawasan ini. Pemda setempat saat ini juga terus melakukan pengembangan untuk industri pariwisata Geopark Silokek ini sehingga nantinya menjadi salah satu destinasi andalan yang memiliki keindahan yang tersembunyi di Sumatra Barat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here