Monday, 29 April 2024
HomeEkonomiWujudkan Kolaborasi UKM Sukabumi, JNE Hadirkan Goll..Aborasi Bisnis Online 2022

Wujudkan Kolaborasi UKM Sukabumi, JNE Hadirkan Goll..Aborasi Bisnis Online 2022

Bogordaily.net–  Pandemi telah mentransformasi lebih dari 17,5 juta di Indonesia untuk mengenal kanal digital, memanfaatkan berbagai lini media sosial sebagai sarana pemasaran. Tak terkecuali pegiat Sukabumi yang berupaya menghasilkan terobosan baru melalui kolaborasi. Tak hanya melibatkan saja, kolaborasi yang dilakukan Sukabumi juga melibatkan sektor ekspedisi. Misalnya JNE Express yang pada kesempatan ini menggelar acara JNE Ngajak Online 2022,

Goll..Aborasi Kota Sukabumi. Perhelatan ini mengumpulkan lebih dari 180 Sukabumi dengan tiga narasumber, di antaranya Tri Hery, selaku Branch Manager JNE Sukabumi, Endah Dwianti selaku Owner GDM Natural Beauty dan Risna Purnamasari sebagai Owner Alsyahra.

Branch Manager JNE Sukabumi Tri Hery yang membuka gelaran ini berharap di Indonesia khususnya Sukabumi mampu berkembang dan bersaing di dunia digital, baik di skala nasional maupun global.

“Tren pengiriman di era ini kembali meningkat, tentunya karena peranan para online shop. Maka kami harap bisa ada kolaborasi antara JNE dengan atau seller,” ujar Tri Hery pada JNE Goll..Aborasi , Jumat, 1 April 2022.

Hal ini sejalan dengan upaya Endah Dwianti, yang telah menggeluti sektor kecantikan. Bagi Endah, salah satu tantangan menggeluti bisnis di kanal digital adalah menggaet pasar atau market baru.

“Sebagai seorang pebisnis skincare tentunya ada banyak kendala dalam menjalankan aktivitas secara online. Banyak sekali upgrade yang perlu dipelajari untuk mencari market baru, seperti melalui Instagram Ads dan Facebook Ads,” ujarnya.

Endah juga menyinggung soal TikTok Shop, fitur layanan media sosial TikTok yang saat ini sedang ramai digandrungi para pegiat usaha. Ide brilian menggabungkan e-commerce dalam sosial media ini menarik bagi banyak pemain industri.

Meski terlihat menjamin, hal ini memberikan tantangan bagi para termasuk Endah yang merupakan generasi millennial untuk mampu memaksimalkan fitur-fitur yang ada. Menjawab persoalan tersebut, hadir Risna Purnamasari selaku Owner Alsyahra, merek fesyen mulimah Syar'i asal Sukabumi.

Meski berasal dari industri yang berbeda, tantangan yang dihadapi Risna tak jauh berbeda dengan Endah, yaitu meningkatkan traffic media sosial melalui fitur-fitur yang ada, yang salah satu jalan keluarnya adalah melalui kolaborasi.

“Kita biasa berkolaborasi dengan JNE atau kolaborasi dengan kajian-kajian di Sukabumi, lakukan hal ini secara konsisten untuk meningkatkan penjualan dan branding,” ujar Risna.

Kolaborasi dikenal sebagai salah satu trik membangun usaha yang moncer, selain menguntungkan kedua belah pihak, kolaborasi juga mampu menghasilkan ide-ide baru yang dapat diterapkan di masa mendatang.

“Inilah pentingnya memasuki komunitas online, implikasinya bisa berbagai macam, seperti bekerjasama di media sosial seperti di TikTok, yang saat ini sedang naik daun,” jelas Risna.

Sebagai mitra UKM Cilacap, Tri Hery selaku Branch Manager JNE Sukabumi berharap dengan acara ini JNE juga bisa berkolaborasi dengan berbagai stakeholder untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Tidak lupa apabila teman-teman ada yang ingin dikolaborasikan dengan JNE, apapun itu kebutuhannya, kami sangat terbuka,” ujarnya.

Lebih lanjut, Tri mengungkap kesiapan JNE Sukabumi dalam mendukung dan memberikan solusi bagi UKM di Sukabumi, selain menghadirkan promo berkala JNE Sukabumi juga selalu aktif merangkul UKM dalam menghadirkan beragam program seperti apresiasi dengan keanggotaan JLC (JNE Loyalty Card), workshop, dan pelatihan gratis seperti JNE Ngajak Online.

Sementara itu Sukabumi merupakan kota kedua dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis  Online yang pada tahun 2021 telah dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Gelaran webinar ini hadir untuk memperingati hari jadi Kota Sukabumi yang ke 108 pada 1 April 2022. Setelah Kota Sukabumi, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Malang pada 5 April 2022.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here