Monday, 29 April 2024
HomeHiburan22 Tahun Kilas Balik Perjalanan Sheila on 7, Bongkar Pasang Personil

22 Tahun Kilas Balik Perjalanan Sheila on 7, Bongkar Pasang Personil

Bogordaily.net merupakan salah satu grup band lokal yang masih eksis hingga saat ini. Dalam 22 tahun perjalanan , bongkar pasang personilpun terjadi. Terbaru, Brian sang drumer resmi mengundurkan diri dari band legendaris ini.

Kepastian hengkangnya Brian seolah dikuatkan dengan munculnya postingan akun resmi Instagram milik @sheilaon7.

Dalam postingan tersebut berisi sebuah video ucapan selamat hari raya Idul Fitri dari para personil yang hanya bertiga dan tanpa adanya Brian.

Lantas, bagaimana perjalanan hingga saat ini?

sendiri merupakan band asal Yogyakarta yang berdiri pada 6 Mei 1996. Berawal dari sekumpulan anak sekolah dari beberapa SMA di Yogyakarta.

Anggota ini  awalnya terdiri dari Duta (vokal), Adam (bass), Eross (gitar),  Sakti (gitar)  dan Anton (drum) berasal dari.

Mereka sepakat untuk membentuk sebuah band dan membawakan lagu-lagu dari kelompok Oasis, U2, Bon Jovi, Guns N' Roses, dll.

Awalnya, Adam dan Sakti membuat nama “W.H.Y Gank”, dan mengajak Duta untuk menjadi vokalis. Duta dipilih berbekal cerita Adam bahwa Adam dan Duta merupakan langganan pengisi acara 17 Agustus di komplek perumahan mereka, Duta menyanyi dan Adam bermain gitar akustik.

Saat itu Adam dan Sakti masih sering bertukar posisi sebagai bassis dan gitaris tergantung dari lagu yang mereka bawakan.

Sempat vakum beberapa waktu “W.H.Y Gank, berkenalan dengan Eross. Mereka berempat kemudian memutuskan untuk memulai sebuah band baru, dan bertemulah mereka dengan Anton sang pemain drum yang dikenalkan oleh Eross pada saat latihan pertama di studio.

Setelah latihan pertama selesai inilah mereka memutuskan untuk menamakan band ini dengan nama menjadi “Sheilagank”, dan menjadikan tanggal 6 Mei 1996 sebagai hari lahir band ini.

Sheila Gank, yang diambil dari kata Sheila dari bahasa Keltik yang berarti musikal. Nama ini pun kemudian diubah menjadi On Seven, yang berarti tujuh tangga nada dalam musik.

SO7 dalam perjalanan bermusik telah beberapa kali mengalami perubahan formasi. Pada Oktober 2004, Brian masuk menggantikan Anton yang dipaksa mengundurkan diri karena dianggap tidak disiplin.

sejak awal kiprahnya di kancah musik Indonesia telah menorehkan banyak sekali prestasi, diantaranya menjadi satu-satunya band Indonesia yang mampu menjual album fisik sebanyak lebih dari 1 juta copy, 3 album berturut-turut.

Lewat suksesnya album perdana (1999), yang dilanjutkan 3 album lainnya yang meledak di pasaran, Kisah Klasik Untuk Masa Depan (2000), Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki (2000) dan 07 Des (2002) .

Namun pada tahun 2004, mereka harus berpisah dengan Anton (drummer) dikarenakan tidak disiplin menurut sang manajer. Saat itu, Brian masuk sebagai additional drummer untuk mengisi posisi drummer yang ditinggalkan Anton. Brian kemudian tampil bersama di berbagai tur untuk promo album “Pejantan Tangguh”.

Album “The Very Best of ” (2005) menjadi karir rekaman studio pertama Brian bersama Sheila On 7 sebagai additional drummer.

Pada tahun 2006, Sheila On 7 juga harus berpisah dengan Sakti karena ia mengundurkan diri di tengah-tengah proses rekaman album “507” dikarenakan keinginan untuk melanjutkan pendidikannya ke Pakistan tidak dapat dihentikan.

Tapi dari pagi hingga sore dia datang lagi di studio dan mengundurkan diri dari Sheila on 7. Pada saat proses rekaman album “507” itu pulalah, Sheila On 7 akhirnya mengangkat Brian menjadi drummer tetap Sheila On 7, hingga pengunduran dirinya pada 6 April 2022.

Kendati kehilangan personel, Sheila On 7 masih terus bertahan hingga saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here