Sunday, 28 April 2024
HomeBeritaSelalu Ada di Nasi Padang, Ini 3 Manfaat Daun Pepaya

Selalu Ada di Nasi Padang, Ini 3 Manfaat Daun Pepaya

Bogordaily.net –  Nasi Padang memiliki ciri khas yakni pepaya. Di luar rasanya yang sedikit pahit, ternyata pepaya kaya akan manfaat bagi tubuh loh!

Kandungan nutrisi yang ada di dalam 100 gram pepaya, sebagai berikut.

  • Serat : 1,5 gram
  • Protein: 8.0 gram
  • Karbohidrat : 11,9 gram
  • Serat: 1,5 gram
  • Fosfor: 63 mg
  • Natrium: 4 mg
  • Kalium: 926,6 mg
  • Thiamin (Vitamin B1): 0,15 mg
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0,50 mg
  • Niasin (Vitamin B3): 1,9 mg

Dikutip dari Hello Sehat, berikut beberapa manfaat pepaya bagi kesehatan yang jarang diketahui :

1. Berpotensi Dijadikan sebagai Obat Kanker

Penelitian pada jurnal Frontiers in pharmacology menyebutkan bahwa pepaya berpotensi menghambat sel kanker pada kulit, payudara, dan prostat. Seperti yang kita ketahui, penyakit kanker menjadi salah satu penyakit yang mematikan.

Hal ini menyebabkan sel-sel yang ada di dalam tubuh berkembang tanpa bisa terkontrol. Akibatnya, dapat merusak jaringan sehat yang ada di sekitar tubuh.

Senyawa aktif yang ada pada pepaya bersifat sitoktoksik. Yang dimana senyawa ini mampu membunuh sel kanker dengan merusak sel itu.

2. Berpotensi Meningkatkan Trombosit

Hingga saat ini, belum ada pengobatan khusus yang dapat menyembuhkan demam berdarah. Pengobatan yang ada hanya berfokus untuk meningkatkan trombosit serta cairan tubuh pasien yang menurun dan meringankan gejala yang timbul.

Jurnal Evidence-based complementary and alternative medicine dalam studi berbasis hewan pengerat menunjukkan adanya manfaat pepaya dalam meningkatkan trombosit pada pasien yang menderita demam berdarah.

Trombosit adalah sel darah tidak berwarna yang berperan penting untuk membantu pembekuan darah. Pada pasien yang terkena DBD, tubuh mereka memerlukan lebih banyak trombosit, untuk menghentikan pendarahan dengan cara menggumpalkan darah dan menyumbat pembuluh darah yang bocor.

Menurut penelitian, setelah pasien meminum jus pepaya, jumlah trombosit akan meningkat rata-rata dalam kurun waktu 40-48 jam. Peneliti juga menemukan bahwa gen PTAFR yang ada di dalam pepaya memiliki peran penting dalam peningkatan trombosit.

3. Menyediakan Energi untuk Tubuh

Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi di dalam pepaya dapat memberikan energi tambahan pada tubuh yang dapat membantu kita menjadi lebih bersemangat saat menjalani berbagai aktivitas di keseharian.

Bahkan, daun pepaya juga dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan serat yang ada di daun pepaya membuat kita dapat kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan mengemil yang bisa menaikkan berat badan.

Walau sudah ada banyak studi yang mengkaji terkait manfaat daun pepaya, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai keamanannya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here