Tuesday, 21 May 2024
HomeBeritaJarang Diketahui, Ini 4 Efek Samping dari Brokoli Hijau jika Dikonsumsi Setiap...

Jarang Diketahui, Ini 4 Efek Samping dari Brokoli Hijau jika Dikonsumsi Setiap Hari

Bogordaily.net – Brokoli yang memiliki nama latin ini banyak dibudidayakan di Indonesia. Sayur ini mempunyai zat yang dapat membantu melengkapi nutrisi, antioksidan, dan mengurangi inflamasi pada tubuh manusia.

Kendati demikian, jika mengonsumsi brokoli hijau secara berlebihan juga akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Kira-kira apa saja efek samping yang akan muncul jika mengonsumsi brokoli hijau terlalu banyak? Yuk simak!

1. Bisa Menyebabkan Alergi pada Kulit

Melalui laman resmi Live Strong, salah satu efek samping mengonsumsi brokoli secara berlebihan adalah membuat kulit kamu menjadi alergi.

Ciri-ciri yang timbul bisa berupa gatal-gatal di mulut, ruam kulit, pembengkakan bibir, tangan atau kaki, kesulitan bernapas, batuk, mual, muntah, dan pusing.

Supaya kejadian ini tidak terjadi, sebaiknya langsung periksakan diri kamu ke dokter dan jauhi makanan yang mengandung brokoli untuk sementara waktu, ya!

2. Perut Terasa Kembung

Berdasarkan kutipan jurnal penelitian Gastroenterology and Hepatology yang dirilis tahun 2006, menjelaskan salah satu dampak yang kuat dari munculnya gas dalam perut yaitu makanan seperti brokoli, kale, kembang kol dan kubis.

Hal ini dikarenakan ada kandungan gula galaktosa, glukosa, dan fruktosa yang tidak dicerna melalui usus kecil sampai difermentasi oleh bakteri dalam usus besar jadi akan menghasilkan gas metana dalam perut manusia.

3. Menghambat Fungsi Obat

Jika kamu memakan brokoli dan sedang meminum obat-obatan, maka kamu harus konsultasi terlebih dahulu ke dokter. mengutip laman resmi Web MD dalam pembahasan Health Benefit of Broccoli, brokoli dapat mempercepat hati dalam memecah obat.

Jadi, jika kamu mengonsumsi brokoli bersamaan dengan beberapa obat yang diubah oleh hati dapat mengurangi khasiat dari beberapa jenis obat.

4. Bisa Menimbulkan Kelenjar Tiroid

Menurut Kresser Institute, memakan brokoli yang berlebihan bisa memicu kelenjar tiroid dengan membuatnya membengkak serta mencegahnya untuk menyerap jumlah yodium yang diperlukan yang dibutuhkan tiroid.

Hal ini dikarenakan jika tiroid tidak mendapatkan yodium yang cukup, maka tubuh kamu akan sulit untuk melakukan proses metabolisme.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here