Saturday, 28 September 2024
HomeBerita4 Fakta Buah Semangka, No 3 Pasti Bikin Anda Geleng Kepala

4 Fakta Buah Semangka, No 3 Pasti Bikin Anda Geleng Kepala

Bogordaily.net – Buah semangka merupakan buah yang selalu ada dalam jamuan makan. Termasuk di rumah makan atau di hotel-hotel tanah air.

Buah ini juga disebut-sebut banyak mengandung vitamin dan nutrisi, seperti vitamin A, C, B, kalori, air, gula, serat, magnesium, dan masih banyak kandung yang tersimpan dalam buah semangka.

Buah semangka juga sangat baik bagi kesehatan tubuh, di antaranya mencegah tubuh terhidrasi, mengurangi resiko penyakit kanker, mencegah serangan stroke, dan masih banyak manfaat semangka lainnya.

Sementara di Asia, biasanya semangka menjadi bagian penting dalam sebuah perayaan tradisi, dan di China biasanya memakan biji semangka di tahun baru Imlek.

Sedangkan di Vietnam, biasanya orang memakan biji semangka sebagai camilan ringan di perayaan tahun baru Tet.

Berikut ada fakta Semangka yang menarik untuk di simak :

1. Semua bagian semangka bisa dimakan

Biasanya banyak orang makan semangka yang mengambil daging buahnya, tetapi ternyata kulit dan biji semangka bisa dijadikan makanan.

Bahkan kulit semangka bisa digoreng dan direbus, seperti dibuat manisan atau asinan, serta di Timur Tengah dan China biji semangka sering dikeringkan dan dipanggang untuk dijadikan camilan ringan.

2. Semangka dengan berbagai bentuk

Selama 40 tahun terakhir, petani Jepang telah menanam semangka dalam bentuk kotak yang diolah dalam kawat gigi berbentuk seperti kotak.

Ketika semangka tumbuh semakin besar dan mengisi ruang kawat yang berbentuk kotak, maka bentuk semangka akan terpaksa mengikuti bentuk tersebut.

Semangka kotak ini kadang dipanen sebelum matang, dan dijual untuk dijadikan oleh-oleh ataupun hadiah.

Selain itu, para petani Jepang baru-baru ini mencoba menumbuhkan semangka dalam berbagai bentuk, seperti hati, piramida, dan ada yang bentuk wajah.

3. Semangka terbesar di dunia mencapai bobot 159 kg

Selain semua bagian semangka bisa dimakan dan berbagai bentuk, ternyata menurut Guinnes World Records mencatat bahwa semangka terbesar di dunia mampu mencapai bobot 159 kg.

4. Semangka termasuk golongan sayuran

Banyak orang mengenal semangka termasuk golongan buah-buahan, namun ternyata buah ini termasuk golongan sayur-sayuran yang masuk di kelompok tomat, cabai, dan terong. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here