4 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan

Menu

Mode Gelap
Diduga Ruko di Desa Rancabungur Jadi Sarang Penjualan Obat Terlarang Muncul Lagi di Wuhan, China Alami Lonjakan Kasus Covid-19 Banyak Masalah, Kemensos RI Cabut Izin ACT! Cek Lokasi Perpanjangan SIM Kota Bogor, Rabu 6 Juli 2022 Mau Kuliah Gratis di STAI Al-Hidayah? Cek Persyaratannya!

Kesehatan · 17 Mei 2022 22:01 WIB

Selain Bagus untuk Diet, Ini 4 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan


 Apel Merah. (Liputan6/Bogordaily.net) Perbesar

Apel Merah. (Liputan6/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Setiap jenis buah mengandung manfaat bagi tubuh. Salah satunya buah apel. Buah yang memiliki warna hijau atau merah ini ternyata mengandung kandungan serat, Vitamin A dan C, serta asam folat yang cukup tinggi, di luar rasa manisnya yang khas.

Harvard Health Publishing menyatakan bahwa saat malam hari menjelang tidur, kita tidak dianjurkan untuk makan dalam porsi besar.

Walau begitu, kita dapat mengonsumsi buah ini di malam hari jika merasa lapar. Selain membuat perut terasa kenyang dan tahan hingga pagi, buah apel juga sehat untuk dikonsumsi.

Melansir dari Halodoc, berikut 5 manfaat buah apel yang jarang diketahui :

1. Risiko Diabetes yang Lebih Rendah

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di Advances in Nutrition, mengonsumsi apel dalam sehari dikaitkan dengan 28 persen terkena risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah dibanding dengan risiko terkena diabetes pada orang yang tidak mengonsumsi buah satu ini.

Polifenol yang terkandung kemungkinan dapat membantu tubuh mencegah kerusakan jaringan sel beta yang ada pada organ pankreas.

Sel beta ini dapat menghasilkan insulin dalam tubuh yang dimana pada penderita diabetes tipe 2 sering terjadi kerusakan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat larut yang ada pada buah dinilai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada darah sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, di dalam apel juga terkandung polifenol yang memiliki efek antioksidan.

Salah satu polifenol yang terdapat di dalam buah apel adalah flavonoid epicatechin yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Flavonoid ini pula dapat membantu mencegah risiko terkena penyakit jantung dengan cara menurunkan tekanan darah dan mengurangi oksidasi LDL.

3. Baik Jadi Menu Diet Sehat

Buah apel kaya akan serat dan air yang menjadikannya sebagai buah pilihan untuk menu diet sehat. Mengonsumsi beberapa potongan apel sebelum makan berat ternyata dapat membantu memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga porsi yang dimakan tidak akan berlebihan. Kandungan serat dalam apel inilah yang dianggap membuat buah apel ini mengenyangkan.

4. Mengandung Efek Prebiotik

Apel mengandung pektin, yakni kandungan sejenis serat yang dapat bertindak sebagai prebiotik yang artinya dapat dikonsumsi sebagai makanan yang tepat bagi bakteri baik di dalam usus.

Studi dalam Nutrients menjelaskan bahwa usus kecil tidak menyerap adanya serat selama berlangsungnya proses pencernaan.

Sebaliknya, serat akan menuju ke bagian usus besar yang dapat menambah keoptimalan pertumbuhan bakteri baik di dalam tubuh.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Makan Buah Duku Kebanyakan Bisa Bikin Gendut

6 Juli 2022 - 19:49 WIB

Cara Agar Bulu Mata Lentik, Konsumsi Makanan Ini!

6 Juli 2022 - 18:01 WIB

Awas! Ini yang Terjadi pada Kulit Jika Mencuci Muka Pakai Air Berlebihan

6 Juli 2022 - 17:11 WIB

5 Penyebab Mundurnya Siklus Menstruasi Pada Wanita

6 Juli 2022 - 16:23 WIB

siklus menstruasi

4 Manfaat Mandi Air Hangat, Bikin Kualitas Tidur Lebih Baik

6 Juli 2022 - 10:12 WIB

Mandi Air Hangat

Atasi Susah Kentut  dengan 4 Cara Ini, Buang Angin Lebih Lancar

5 Juli 2022 - 22:48 WIB

Trending di Kesehatan