Friday, 29 March 2024
HomeBerita4 Manfaat Buah Belimbing, Bisa Cegah Jatung dan Stroke

4 Manfaat Buah Belimbing, Bisa Cegah Jatung dan Stroke

Bogordaily.net – Buah Belimbing yang juga bernama latin ini merupakan buah yang populer karena memiliki rasa asam manis yang segar.

Buah ini juga dikenal dengan nama karena memiliki bentuk yang menyerupai bintang saat diiris. Selain itu, buah ini juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral. Bahkan, belimbing juga mengandung protein, lemak, dan karbohidrat.

Berikut adalah beberapa belimbing yang baik untuk kesehatan. Berikut penjelasannya yang telah dirangkum dari laman Hello Sehat :

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah ini juga bisa kamu jadikan sebagai salah satu menu diet kamu. Karena, buah ini rendah kalori, hanya 36 kalori.

Selain itu, kandungan serat pada buah ini termasuk tinggi. Kamu pun bisa lebih kenyang lama dan tidak makan secara berlebihan.

2. Mencegah Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Kamu juga bisa mendapatkan manfaat berupa menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, yang diperoleh dari konsumsi buah belimbing.

Sebuah studi dari International Journal of Food and Nutrition melakukan sebuah penelitian terhadap kadar kolesterol pada tikus yang menerima ekstrak belimbing.

Hasilnya, bahwa kandungan di dalam belimbing dinilai efektif mengurangi kadar kolesterol sehingga baik untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah ini juga memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu, belimbing juga kaya akan antioksidan seperti fenol dan flavonoid.

Antioksidan sendiri berguna untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

4. Membantu Mengurangi Resiko Kanker

Buah belimbing juga memiliki khasiat lain berupa mengurangi resiko terkena kanker. Ini dibuktikan pada studi dari jurnal Advances in Pharmacologocal Sciences.

Studi ini bertujuan untuk menilai efek buah belimbing terhadap resiko kanker hati pada tikus. Hasilnya, buah belimbing menunjukkan efek profilaksis, yakni mampu mencegah perkembangan kanker hati.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here