5 Cara Keramas yang Benar Agar Rambut Tetap Sehat

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian, Rabu 10 Agustus 2022 Profil Irjen Ferdy Sambo, Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J Kota Bogor Diramalkan Cerah Berawan, Rabu 10 Agustus 2022 E-KTP Jadi Syarat Beli Rokok? Terkini! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Selasa 9 Agustus 2022

Kesehatan · 26 Mei 2022 16:19 WIB

5 Cara Keramas yang Benar Agar Rambut Tetap Sehat


 Aplikasi Keramas yang Benar Agar Rambut Tidak Rontok. (tempo/Bogordaily.net) Perbesar

Aplikasi Keramas yang Benar Agar Rambut Tidak Rontok. (tempo/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Keramas merupakan salah satu tahapan penting dalam ritual mandi seseorang. Namun, cukup banyak orang yang menyepelekan hal tersebut dan melakukannya dengan asal. Ternyata, ada cara melakukan keramas yang benar lho.

Jika kamu ingin rambut yang sehat, tentu saja harus melakukan keramas dengan benar. Sebab, jika tidak dilakukan dengan benar, rambut bisa mengalami permasalahan seperti rusak, berketombe, atau rontok setelah keramas.

Nah, berikut 5 Cara Keramas yang benar agar rambut tetap sehat dan kuat, yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menyisir rambut sebelum keramas

Untuk memulai cara keramas yang benar dapat dilakukan dengan persiapan terlebih dahulu, yaitu menyisir rambut.

Tujuannya, agar rambut dalam keadaan rapi dan tidak kusut sebelum keramas. Rambut yang basah dalam keadaan kusut akan membuat rambut sulit untuk dibersihkan, dan alhasil kotoran pun tidak tersapu sempurna.

2. Basahi rambut dengan air hangat

Cara keramas yang baik dimulai dengan membasahi rambut dengan air hangat. Para ahli menyarankan agar mencuci rambut dengan air hangat.

Pasalnya, air hangat dapat melonggarkan minyak pada kulit kepala dan rambut, sekaligus membuka pori-pori kulit kepala. Dengan demikian, sampo dapat bekerja dengan baik dalam membersihkan rambut.

Pastikan Anda membasahi rambut secara menyeluruh mulai dari akar hingga ujung-ujung rambut.

Agar lebih maksimal, Anda bisa melakukan langkah ini di bawah pancuran atau shower agar kotoran, minyak, dan sisa-sisa penggunaan produk perawatan rambut dapat jatuh ke bawah bersama air.

3. Mengaplikasikan shampo

Cara keramas yang benar selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan sampo. Sangat penting untuk memilih sampo yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan rambut, sama saja seperti perawatan kulit.

Tuang sampo secukupnya di telapak tangan, lalu usapkan merata, mulai dari akar rambut hingga ke ujungnya.

Jangan menuang sampo langsung ke rambut, ya! Hal tersebut malah bikin kamu lebih mudah ketombean, lho

4. Pijat kulit kepala

Bagi Anda yang sedang terburu-buru mungkin terkadang lupa untuk memijat kulit kepala saat mencuci rambut.  Padahal, memijat kulit kepala merupakan langkah yang tidak boleh dilewatkan sebagai bagian dari cara keramas yang benar.

Memberi pijatan pada kulit kepala selama kurang lebih 3 menit lamanya dapat membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Kepala Anda pun akan terasa lebih rileks setelahnya.

Akan tetapi, hindari memijat terlalu keras karena justru membuat kulit kepala terluka sehingga rentan mengalami iritasi, bahkan infeksi kulit. Jadi, lakukan pijatan pada kulit kepala secara lembut agar rambut tidak rentan rusak.

5. Bilas dengan air
Jika sudah selesai mengaplikasikan sampo sampai ke seluruh rambut dan kulit kepala, saatnya membilas rambut sampai bersih hingga nggak ada busa pada rambut.

Pada saat membilas rambut,  disarankan untuk menggunakan air dingin ya. Sebab, membilas rambut dengan air dingin dapat menutup kutikula dan membuat rambut menjadi lebih berkilau.

Oh iya, ketika membilas rambut, coba raih bagian dalam rambut dengan kuku agar tak ada sampo yang tertinggal.

6. Sisir rambut setelah keramas
Seperti cara keramas yang benar yang pertama, menyisir rambut setelah keramas juga perlu perlu dilakukan. Namun sebelum itu, keringkan rambut dengan handuk hingga nggak ada air yang menetes, ya.

Nah, kalau sudah langsung sisir rambut kamu. Gunakan sisir bergigi jarang untuk membantu rambut lembut dan mudah di-styling saat sudah kering nanti. Hal ini juga membantu kamu mengurangi rambut rontok, girls.

Baru, deh, kamu bisa mengeringkan rambut sampai benar-benar kering. Mau kering secara alami atau menggunakan hairdryer? It’s up to you!***

 

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Apa Itu Vaskulitis? Gangguan Autoimun yang Sempat Dialami Ashton Kutcher

10 Agustus 2022 - 17:43 WIB

Manfaat Popcorn Sebagai Cemilan Sehat Menurunkan Berat Badan

10 Agustus 2022 - 16:56 WIB

popcorn menurunkan berat badan

Jarang Diketahui, Ini Bahaya Mencabut Uban

10 Agustus 2022 - 06:40 WIB

mencabut uban

Ahli Tidur Beberkan Cara Penyembuhan Insomnia

9 Agustus 2022 - 16:57 WIB

insomnia

4 Jenis Kecelakaan yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

9 Agustus 2022 - 15:34 WIB

kecelakaan yang tidak ditanggung BPJS

Yuk, Lakukan! 6 Tips Cegah Penyakit di Musim Pancaroba

9 Agustus 2022 - 11:27 WIB

Trending di Kesehatan