Thursday, 28 March 2024
HomeBerita7 Amalan di Hari Raya Idulfitri 2022, Yuk Amalkan Agar Dapat Berkah

7 Amalan di Hari Raya Idulfitri 2022, Yuk Amalkan Agar Dapat Berkah

Bogordaily.net– Tak hanya bulan Ramadan, kita juga bisa memperoleh pahala dan berkah di hari raya . Setiap amalan ini harus dilandasi dengan niat ikhlas, sehingga bisa menjadi berkah. Merangkum dari Suara.com, berikut amalan di Hari Raya yang bisa kita lakukan:

Berjabat Tangan

Jabat tangan menjadi salah satu amalan di hari raya yang bisa dilakukan. Hal ini tercantum dalam hadits dari Barra Bin ‘Azib, yang diterjemahkan:

Dari Al-Barra bin ‘Azib, Rasulullah SAW bersabda : “tidak semata-mata dua orang Islam bertemu dan saling berjabatan tangan kecuali Allah mengampuni keduanya sebelum keduanya berpisah” (HR. Abu Daud, Tirmizi, dan Ibnu Majah).

Bertahniah atau Mengucapkan Selamat

Disunnahkan pula untuk bertahniah atau mengucapkan selamat pada hari raya maupun Idul Adha, sebab keduanya merupakan hari yang dirayakan umat Islam.

Membedakan Jalan Pergi dan Pulang

Amalan di hari raya selanjutnya adalah membedakan jalan pergi dan pulang, sehingga bisa berkesempatan bertemu dengan banyak orang. Hal ini juga agar amalan lain bisa dilaksanakan, sehingga memperbanyak berkah.

Mandi

Amalan di Hari Raya ini mengacu pada Abdullah Ibnu Umar Ibnul Khattab Radhiyallahu Anhu mandi pada hari raya Idul Fitri sebelum berangkat salat. Memang, amalan ini tidak langsung mengacu pada apa yang dilakukan Rasulullah SAW. Namun hal ini banyak dilakukan sahabat nabi.

Menggunakan Wewangian

Amalan yang selanjutnya adalah menggunakan wewangian. Hal ini disunnahkan, agar ketika bertemu orang lain dapat memberikan kesan yang nyaman dan membawa kebahagiaan untuk semua orang.

Berpakaian Terbaik

Amalan di Hari Raya satu ini yang sering disalah-artikan oleh banyak orang, dengan membeli baju baru. Memang, baju baru bisa termasuk dalam pakaian terbaik yuang digunakan saat . Namun pakaian terbaik tidak selalu berarti baju baru. Selama pakaian tersebut sudah dibersihkan dan merupakan terbaik yang dimiliki, maka amalan ini sudah sah dilakukan.

Takbir

Bertakbir menjadi amalan saat hari raya selanjutnya. Hal ini disunnahkan, dan tercantum pada masyru'iyah dari sunnah nabawiyah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here