7 Manfaat Tanamam Kumis Kucing

Menu

Mode Gelap
Pakai Mobil Mercy, Perempuan Ini Maling Cokelat di Minimarket Gereja di Mesir Kebakaran, 41 Tewas Termasuk 18 Anak-anak Jadwal dan Lokasi Sim Keliling Kota Bogor, Senin 15 Agustus 2022 Pencuri Jadi Bulan-bulanan Warga, Sempat Todong Pistol Bharada E Dipastikan Aman di Rutan Bareskrim Polri

Kesehatan · 4 Mei 2022 11:35 WIB

7 Manfaat Tanamam Kumis Kucing yang Sayang Untuk Dilewatkan


 Manfaat Kumis Kucing Bagi Untuk Tubuh. (detik/Bogordaily.net) Perbesar

Manfaat Kumis Kucing Bagi Untuk Tubuh. (detik/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Kumis kucing secara alami tumbuh di tepi hutan, tetapi biasanya terlihat di sepanjang tepi jalan dan lahan terlantar. Manfaat dari Tanaman Kucing juga sangat banyak lho!

Dikutip dari Health Benefit Times, dijelaskan bahwa karena daunnya memiliki sedikit aromatik, tanaman ini tercatat sebagai kerabat jauh dari keluarga basil.

Oleh karena itu, daun kumis kucing digunakan secara medis di Malaysia, Indonesia, Filipina, dan bahkan Cina, mengingat manfaat kesehatannya begitu banyak.

Meskipun keberadaannya diabaikan tapi daun kumis kucing ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan terutama ginjal.

Melansir dari berbagai sumber, Rabu, 4 Mei 2022, berikut ini manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan.

1. Membantu masalah pernapasan

Daun kumis kucing sangat baik untuk mengobati masalah pernapasan seperti asma dan batuk. Agar lebih efektif, biasanya ramuan obat daun kumis kucing dicampur dengan ramuan obat lainnya agar lebih maksimal dalam mengobati masalah pernapasan.

2. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Manfaat daun kumis kucing yang selanjutnya adalah mengatasi tekanan darah tinggi.

Bahan kimia yang ada di daun kumis kucing membantu mengurangi tingkat tekanan darah.

Beberapa percaya bahwa ini adalah efek dari kandungan daun kumis kucing yang kaya antioksidan dan anti-inflamasi.

Penderita hipertensi hanya harus merebus 2 gelas air dengan 2 genggam daun kumis kucing hingga tersisa 1 gelas. Ini harus dikonsumsi satu kali sehari untuk hasil yang maksimal.

3. Menyembuhkan Masalah Kandung Kemih

Manfaat daun kumis kucing berikutnya ialah mengurangi infeksi saluran kemih dan batu ginjal.

Sifat diuretik dan anti-bakteri alami membantu mengairi kandung kemih dan mengeluarkan patogen yang menyerang dan melindungi saluran kemih dari infeksi.

Hal ini dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal dan melindungi ginjal dari efek merusak dari obat dan reagen tertentu.

4.Menurunkan kadar gula dalam darah

Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak herbal daun kumis kucing dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah.

Beberapa kelompok penelitian mengambil mengambil ekstrak ramuan daun kumis kucing dan menemukan bahwa ekstrak pelarut tertentu dari daun kumis kucing ini dapat secara signifikan menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan leptin serta HDL.

Hal ini berpengaruh dalam menghentikan trombosit darah agar tidak saling menempel sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

5. Mengobati Asam Urat

Manfaat kumis kucing sebagai obat asam urat alami berasal dari kandungan flavonoid, fenolik, dan asam kafeat yang tinggi di dalamnya.

Senyawa aktif tersebut diketahui memiliki sifat antiradang yang dapat menghambat pembentukan asam urat, sehingga dapat mencegah dan mengurangi risiko serangan asam urat.

Selain itu, kumis kucing juga diketahui dapat meningkatkan fungsi ginjal yang menurun dan memperbaiki kerusakan ginjal, terutama yang diakibatkan oleh kondisi asam urat tinggi.

6. Menurunkan Berat Badan

Manfaat daun kumis kucing yang selanjutnya adalah menurunkan berat badan. Daun kumis kucing telah ditemukan untuk membantu menurunkan berat badan seseorang.

Karena nilai pasarnya sebagai ramuan obat herbal yang juga memiliki keuntungan tambahan untuk menurunkan berat badan, maka daun kumis kucing dijual di pasar dalam berbagai bentuk seperti pil, kantong teh dan ekstrak.

7. Mengatasi Rematik

Manfaat kumis kucing yang lainnya yaitu sebagai obat rematik alami, terutama pada penderita rheumatoid arthritis (RA). Kebanyakan penyakit rematik, termasuk RA, disebabkan oleh reaksi autoimun.

Sebagian lain tidak disebabkan oleh autoimun, tapi sama-sama didasari oleh proses peradangan. Kandungan senyawa fenolik dan flavonoid yang tinggi pada kumis kucing diketahui mampu menurunkan reaksi autoimun pada RA.

Selain itu, senyawa-senyawa ini juga diketahui dapat melindungi tulang rawan dan jaringan lunak dari peradangan akut dan kronis berkat efek antiradangnya.***

Artikel ini telah dibaca 300 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

WHO Ganti Nama Cacar Monyet, Sebutan Barunya: Clade

15 Agustus 2022 - 14:20 WIB

Bikin Tak Percaya Diri, Ini Cara Mengobati Bercak Putih di Wajah

15 Agustus 2022 - 14:06 WIB

Buah Apel Bisa Jadi Camilan Sehat untuk Kurangi Resiko Kematian

15 Agustus 2022 - 07:26 WIB

buah apel

Konsumsi Ikan Dapat Turunkan Risiko Penyakit Jantung

14 Agustus 2022 - 08:33 WIB

Konsumsi Ikan

5 Hal yang Dilakukan Sebelum Tidur demi Kesehatan

13 Agustus 2022 - 18:28 WIB

Dilakukan sebelum tidur

Salah Satunya Mencerahkan Kulit, Ini 5 Manfaat Apel untuk Kesehatan Wajah

13 Agustus 2022 - 16:34 WIB

Trending di Kesehatan