Saturday, 20 April 2024
HomeBerita7 Rekomendasi Oleh-Oleh Sepulang Ibadah Haji dari Tanah Suci

7 Rekomendasi Oleh-Oleh Sepulang Ibadah Haji dari Tanah Suci

Bogordaily.net – Sepulang beribadah pastinya Anda ingin membawakan untuk keluarga atau kerabat di rumah. Tak perlu bingung, Anda bisa menyimak rekomendasi oleh-oleh sepulang ibadah yang biasa dibawa dari tanah suci.

adalah salah satu kegiatan ibadah dalam agama Islam yang dilakukan di kota suci Mekkah, khususnya di Masjidil Haram. Biasanya ketika kita selesai melaksanakan ibadah tersebut dan kembali ke tanah air, kita ingin membelikan beberapa oleh-oleh untuk keluarga, saudara atau pun kerabat dekat.

Kini, ada banyak inspirasi oleh-oleh khas tanah suci yang bisa kita bawa pulang dan berikan pada kerabat dirumah.

Berikut7 oleh-oleh yang biasa dibawa sepulang Ibadah dari Tanah Suci.

1. Gelang Tasbih

Oleh-oleh satu ini berbahan dasar kayu kokka. Meski kini karena kesulitan proses pembuatan, gelang tasbih banyak dibuat dari buah kokka. Beraroma khas kokka, biji ini bila ditenggelamkan akan terlihat sedikit berminyak dan tak mengambang.

Gelang tasbih kokka banyak khasiatnya. Oleh sebab itu dipergunakan sebagai bahan dasar pembuatan tasbih. Air rendaman kayu kokka bisa meredakan sakit gigi, keracunan dan meredakan demam.

2. Coklat Arab

Makanan satu ini juga favorit ya. Akan lebih istimewa jika dibawa pulang sebagai . Dikemas cukup besar, cokelatnya beragam. Bisa beli online di Bukalapak. Cokelat Arab ini dijual sekilonya Rp. 125.670.

Kalaupun ingin beli langsung bisa ke Pasar Bab di Mekah. Pasar ini menjual beragam barang dengan lengkap. Harganya juga bisa sangat murah jika pandai menawar.

3. Siwak

Yang selanjutnya adalah siwak. Bersiwak merupakan salah satu kebiasaan yang di-sunah-kan oleh Nabi Muhammad SAW. Tujuan dari bersiwak sendiri ialah untuk membersihkan gigi dan gusi.

Biasanya siwak terbuat dari dahan pohon Salvadora. kamu bisa membeli oleh-oleh siwak di Souq Gaza, yakni jenis pasar besar yang berada Mekkah.

4. Kurma


Kurma merupakan buah yang termasuk bagian sentral dalam budaya dan makanan Arab, sehingga cocok dijadikan oleh-oleh selepas menunaikan ibadah umroh.

Buah yang memiliki banyak jenis dan manfaat ini dapat dimakan selagi masih segar atau pun dalam keadaan kering. Kurma juga bisa menjadi cemilan favorit yang lezat dan menyehatkan.

5. Air Zam-Zam


termasuk salah satu keajaiban dunia yang telah Allah berikan. Air ini juga sering dijadikan oleh-oleh umroh, karena mata airnya yang sudah mengalir sejak ribuan tahun lalu, tidak pernah berhenti sampai detik ini.

Air zam-zam dianggap sebagai air suci oleh umat islam, mengingat sejarah pertama kali munculnya air ini. Terdapat tiga sumber air zam-zam, yakni di bawah Hajar Aswad, di bawah gunung Abu Qubays Shafa, dan di bawah bukit Marwa.

6. Kacang Arab


Jangan lupakan oleh-oleh favorit yang satu ini, yaitu kacang Arab. Kacang dengan bentuk yang unik ini memiliki rasa yang gurih dan renyah.

Selain cocok dijadikan oleh-oleh, kacang ini pastinya memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Kamu bisa menemukan kacang Arab dengan mudah karena ia banyak dijual di sepanjang jalan besar Mekkah dan Madinah.

7. Ma'amoul

Ma'amoul adalah roti isi kurma yang bertestur lembut. Bentuknya hamir mirip dengan bakpia yang sering kita jumpai di Indonesia. Harga roti lezat yang satu ini biasanya berkisar R 18-180 ribu.

Saat Anda pergi atau umroh, kini Anda punya beberapa alternatif oleh-oleh khas dan umroh yang bisa Anda berikan pada keluarga maupun kerabat yang berada di Tanah Air.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here