Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaSelain Jaga Jesehatan Tulang, Ini 8 Manfaat Buah Pir yang Perlu Diketahui

Selain Jaga Jesehatan Tulang, Ini 8 Manfaat Buah Pir yang Perlu Diketahui

Bogordaily.net – Buah pir adalah buah yang mengandung banyak serat, vitamin hingga berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, buah yang berbentuk seperti lonceng ini juga mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang terjangkau.

Akan tetapi, masih ada sebagian orang yang masih belum mengetahui manfaat dari buah ini hingga jarang mengonsumsinya. Padahal ada begitu banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Dilansir dari Alo Dokter, berikut 8 pir:

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan dan Mencegah Sembelit

Buah pir memiliki kandungan serat yang cukup tinggi salah satunya adalah serat yang disebut pektin. Menurut penelitian yang dilakukan di Tiongkok, mengonsumsi pektin sebanyak 24gram perhari selama satu bulan dapat meringankan sembelit. Pektin sebesar itu bisa didapat dari satu buah pir berukuran sedang.

Di samping itu, mengonsumsi 2 pir setiap hari juga membantu mencukupi asupan serat yang dibutuhkan tubuh. Hal ini selain dapat mencegah sembelit, juga dapat memperlancar buang air besar (BAB) yang menyebabkan BAB teratur dan usus menjadi sehat.

Bagi kamu yang sering sembelit dan menginginkan BAB yang teratur cobalah untuk mengonsumsi buah pir minimal satu buah setiap hari.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Salah satu vitamin yang terkandung dalam buah pir adalah vitamin C dan tembaga yang berperan dalam pembentukan kolagen. Hal ini mempengaruhi elastisitas kulit.

Jadi, jika ingin kulit kamu elastis, tidak ada salahnya menambah buah pir pada menu buah harian.

3. Cocok Dijadikan Teman Diet

Kalori dan kolesterol buah ini diperkaya dengan serat dan air. Kandungan serat dan air yang tinggi dapat membuat perut kenyang lebih lama. Hal ini membuatmu tidak ingin makan lebih banyak.

Terbukti dalam sebuah penelitian terbitan jurnal Food & Function, bahwa seseorang yang rutin memakan buah ini selama 12 minggu dapat menurunkan kadar lemak tubuh dan mengecilkan lingkaran pinggang secara signifikan.

Entah kamu sedang diet atau tidak, sebaiknya letakkan buah pir di tempat yang mudah terlihat. Hal ini memudahkan kamu untuk memakannya, dan tentu saja, bagi kamu yang sedang diet meletakkan buah ini di tempat yang mudah terlihat akan membuat program dietmu berjalan dengan baik.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Memiliki kandungan vitamin K, mineral seperti kalsium, magnesium dan fosfor, serta mengandung boron yang bekerja untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang.

Agar tulang tetap padat, dan terhindar dari pengeroposan tulang, mulai sekarang kamu bisa lebih sering mengonsumsi pir. Apalagi boron juga dapat menjaga kadar vitamin D dalam tulang.

5. Menurunkan Risiko Diabetes

Kandungan serat yang tinggi dalam buah pir dapat memperlambat penyerapan makanan, hal ini berguna karena dapat mengontrol kenaikan gula darah.

Bagi kamu yang rutin mengonsumsi buah ini tentunya hal ini dapat menurunkan risiko terkena diabetes khususnya diabetes tipe 2.

Bukan hanya itu saja, kadungan indeks glikemiknya yang rendah juga membuat kadar gula darah tidak meningkat dengan cepat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here