Sunday, 5 May 2024
HomeBeritaAdenovirus Diduga Jadi Penyebab Hepatitis Akut, Apa Itu?

Adenovirus Diduga Jadi Penyebab Hepatitis Akut, Apa Itu?

Bogordaily.net– Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization () melaporkan hampir 300 anak dari 20 negara mengalami penyakit .  membeberkan adenovirus diperkirakan menjadi salah satu penyebab infeksi hepatitis akut. Hal itu lantaran 74 dari total 169 kasus terkonfirmasi disebabkan virus tersebut.

Di Indonesia, pemerintah baru saja mengumumkan temuan 15 kasus yang diduga hepatitis akut yang tersebar di Indonesia.

Hepatitis akut merupakan peradangan pada organ hati yang biasanya disebabkan infeksi virus hepatitis A, B, C, D, atau E. Namun, pada kasus yang belakangan terjadi pada anak-anak tersebut, sebagaimana dilansir dari Suara.com, tidak ditemukan jejak virus hepatitis.

Adenovirus merupakan kelompok besar virus yang dapat menulari hewan dan manusia. Virus itu dinamai adenovirus karena mereka biasa berada di adenoids atau amandel.

Virus tersebut bisa menyerang siapa saja. Namun anak-anak dan bayi menjadi yang paling rentan. Gejalanya diawali dengan pilek ringan. Adenovirus menjadi sejenis virus yang bisa menyebabkan infeksi pada mata, saluran pernapasan, dan pencernaan.

Sama halnya virus yang memicu masalah pernapasan, virus itu menyebar lewat percikan halus liur di udara yang keluar saat orang bersin atau batuk. Sejauh ini peneliti baru menemukan jejak virus Sars-COV-2 dan adenovirus.

Sebagian ahli menduga adenovirus tipe 41 berkaitan dengan hepatitis akut meski investigasi masih terus berlanjut. Subtipe 41 sendiri masuk ke dalam kelompok adenovirus dengan gastroenteritis ringan hingga sedang, dengan gejala diare, muntah, dan sakit perut.

Pada kebanyakan orang dewasa, virus tersebut hanya menjadi gangguan kecil. Gejalanya bisa hilang dalam satu atau dua pekan.

sampai sekarang belum mengonfirmasi keterkaitan hepatitis akut dengan adenovirus. Namun mengimbau negara-negara terus melakukan pengawasan sambil menerapkan langkah pencegahan untuk infeksi adenovirus.

Sementara itu, sejumlah ahli juga masih meneliti apakah penyakit baru itu ada kaitannya dengan Covid-19. Merujuk data, sebagian anak yang menderita infeksi hepatitis bakal positif saat dites Covid. Sebagian tercatat sebagai penyintas corona.

Mereka yang positif atau penyintas Covid-19 punya imunitas yang masih lemah sehingga memudahkan terserang infeksi virus lainnya. Namun pakar virologi William Irving juga punya asumsi lain terkait hal tersebut.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here