Sunday, 19 May 2024
HomeNasionalAnak Main Korek Api di Kamar, Rumah Kebakaran

Anak Main Korek Api di Kamar, Rumah Kebakaran

Bogordaily.net Main Korek Api di Kamar, Rumah Kebakaran. Ini benar-benar terjadi untung rumah itu tidak benar-benar ludes dilalap di jago merah.

Api bisa cepat dipadamkan sehingga tidak merembet ke tempat dan rumah warga yang lainnya. Penyebabnya seorang asik main api dalam kamar lalu membakar dipan dan kasur, sehingga api pun membesar.

Kejadian itu terjadi di Kelurahan Nangkaan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur terlanda kebakaran, Rabu 11 Mei 2022. Beruntung api dapat segera dijinakkan sehingga tak merembet ke rumah lain di permukiman padat penduduk tersebut.

Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Satpol PP Bondowoso, Toha Satriono mengatakan, laporan peristiwa kebakaran diterima pada pukul 10.00 WIB. Penyebab kebakaran karena bocah bermain korek di kamarnya. Akibat sebuah dipan dan kasur terbakar.

Dijelaskannya, objek yang terbakar berasal dari bawah dipan yang terbuat dari bambu.

“Berbeda jika, api langsung berasal dari atas kasur. Kerusakan diperkirakan akan lebih parah,” kata dia.

Menurutnya, petugas dari pemadam kebakaran bergerak cepat dan bisa melokalisir.

“Karena disini masuk pemukiman padat penduduk,” imbuhnya.

Untuk mengantisipasi menjalarnya api ke rumah warga yang berdempetan, petugas menerjunkan dua unit mobil pemadam kebakaran. Dibantu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat untuk pasokan airnya.

Hal tersebut membuat proses pemadaman api lebih cepat dilakukan. Bahkan pemadaman hanya dilakukan dalam hitungan menit saja.

“Kita gak usah ngisi air kemana-mana,” ucapnya.

Ternyata kejadian kebakaran akibat bermain korek api merupakan kali kedua. Sebelumnya terjadi Mei 2020 lalu.

Penyebabnya sama yaitu tersebut bermain korek di dalam kamar. Di mana yang bersangkutan pernah hampir membakar lingkungan di sekitarnya akibat bermain korek api dalam ruangan.

“Di tempat ini juga, tapi rumah yang sebelahnya,” imbuh dia.

Lebih lanjut, pihaknya mengimbau kepada seluruh orang tua agar lebih memperhatikan mainan yang diberikan kepada anaknya.

Ia meminta orang tua tidak memberikan barang-barang yang dapat membahayakan bagi maupun lingkungan sekitarnya, korek api misalnya.

“Korek api itu kan salah satu sumber api yang dapat menyebabkan kebakaran,” sambungnya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here