Sunday, 5 May 2024
HomeBeritaKecil-Kecil Cabe Rawit, Anggur Laut Ternyata Miliki Banyak Nutrisi

Kecil-Kecil Cabe Rawit, Anggur Laut Ternyata Miliki Banyak Nutrisi

Bogordaily.net – Anggur laut atau merupakan jenis yang tergolong dalam Chorophyceae. Eksistensi anggur laut telah menjadi komoditas rumput laut unggulan.

Dikutip dari Yoursay, anggur laut dikenal dengan sebutan Umibudo di negara Jepang. Tak hanya itu, anggur laut ada julukan lain yaitu kaviar hijau atau karena harganya yang sangat fantastis mahal. Lantas, apa saja yang ada pada anggur laut?

Berikut berapa yang ada pada anggur laut di bawah ini :

1. Anggur Laut Menghasilkan Metabolit Sekunder Sebagai Antioksidan

Berdasarkan para peneliti, anggur laut menghasilkan metabolit sekunder yang berperan sebagai antioksidan. Sejalan dengan tinjauan dr. Reni Utari dalam sehatq, yang mengatakan bahwa senyawa metabolit sekunder mempunyai peranan dalam fungsi ekologis, termasuk pada mekanisme pertahanan, contohnya metabolit sekunder sebagai antibiotik dan memproduksi pigmen.

Selain itu, anggur laut juga dipercayai mengandung asam folat, asam arkorbat, dan tiamin. Kombinasi dari dan antioksidan di dalamnya membuat keluarga dari rumput laut ini mampu menangkal radikal bebas.

2. Anggur Laut Mengandung Asam Folat

Senada dengan pernyataan di atas, dr. Kevin Adrian dalam laman resmi alodokter yang membahas tentang pentingnya asam folat pernah menjelaskan bahwa, asam folat atau yang biasa dikenal dengan nama vitamin B9 yang juga ada pada anggur laut ini penting bagi tubuh.

Selain sebagai pendukung pembentukan sistem organ pada janin, asam folat ini juga dapat memastikan janin tetap tumbuh dan berkembang dengan baik di dalam kandungan.

3. Anggur Laut Mengandung Asam Arkobat

Mengutip dari tinjauan dr. Rizal Fadli melalui laman halodoc terkait tentang asam arkobat yang juga ada pada anggur laut, asam askorbat atau bisa disebut vitamin C ini merupakan yang berguna untuk membentuk kolagen, yaitu suatu zat yang berperan penting dalam memperbaiki gigi, tulang, dan kulit. Melihat kandungan ini, tak heran jika anggur laut bisa membuat kulit awet muda.

4. Anggur Laut Mengandung Tiamin atau Vitamin B1

Dilansir oleh dr. Patricia Lukas Goentoro dalam hellosehat, vitamin B1 atau yang dikenal dengan nama lain tiamin ini memiliki manfaat sebagai pengubah karbohidrat dari makanan menjadi energi.

Jadi, jika kamu kekurangan vitamin B1, tubuh akan cepat lelah dan tidak bertenaga. Oleh karena itu, mengonsumsi anggur laut dapat membantu kamu dalam mencukupi kebutuhan vitamin B1 pada tubuh.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here