Friday, 29 March 2024
HomeBeritaApakah Konsumsi Nasi Putih Bisa Bikin Kolesterol Tinggi? Berikut Penjelasannya

Apakah Konsumsi Nasi Putih Bisa Bikin Kolesterol Tinggi? Berikut Penjelasannya

Bogordaily.net– merupakan makanan pokok yang sehari-hari. Namun konsumsi berlebih kerap dikaitkan dengan masalah seperti kolesterol dan diabetes. Penyebabnya, karena mengandung tinggi karbohidrat yang jika dikonsumsi dengan jumlah tertentu, dapat menyebabkan indeks glikemik meningkat.

Meskipun beras atau tidak mengandung kolesterol secara langsung, tetapi mengonsumsi bisa memengaruhi tubuh, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kadar kolesterol atau trigliserida.

Melansir Suara.com dari Medical News Today, Senin, 9 Mei 2022 terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan apakah dapat menyebabkan seseorang mengembangka masalah kolesterol tinggi. Misalnya;

1. Jenis yang dimakan

2. Seberapa sering dimakan

3. Ukuran porsi

4. Apa yang dimakan dengan dengan

5. Memiliki faktor risiko kolesterol tinggi seperti obesitas, tidak aktif, atau makan makanan tidak bergizi

Selain itu, jenis beras atau nasi yang dimakan juga dapat menentukan apakah berisiko meningkatkan kolesterol atau tidak. Misalnya, beras putih kerap diklasifikasikan sebagai biji-bijian olahan. Meskipun sering diperkaya dengan nutrisi, tetapi beras putih masih rendah kandungan serat.

Sebaliknya, beras dalam kelompok biji-bijian utuh mengandung semua nutrisi alami yang berasal dari tanaman, termasuk serat, mineral, dan vitamin. Beras dalam kelompok biji-bijian utuh adalah beras merah, beras liar, beras ungu dan beras hitam.

Jadi, kesimpulannya, meski mengonsumsi nasi putih dapat memberikan nutrisi tambahan seperti vitamin B, tetap harus membatasi konsumsi biji-bijian olahan agar tidak lebih dari setengah asupan harian.

Beberapa bukti menunjukkan makan biji-bijian olahan seperti nasi putih, dapat mengembangkan masalah kadar kolesterol tinggi.

Oleh karena itu, pakar merekomendasikan agar mengonsumsi setidaknya setengah dari jumlah biji-bijian harian dalam bentuk utuh dan tidak dimurnikan.

Nah, untuk mengelola kolesterol, seseorang dapat memilih jenis nasi whole grain untuk dimakan dalam jumlah sedang yang sesuai dengan tujuan dan berat badannya. Selain itu, coba alternatif yang lebih bergizi dari nasi putih. Jika membutuhkan saran untuk mengurangi kadar kolesterol, coba konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here